Kunci Pochettino Cetak Pemain Hebat di Tottenham

Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, membeberkan kunci sukses membesut timnya. Selama menangani Tottenham, Pochettino telah mencetak sejumlah pemain menjadi hebat.

Pochettino menjelaskan, komunikasi dengan para pemain yang tidak hanya fokus di dalam lapangan menjadi salah satu kunci suksesnya. Menurutnya, untuk membentuk kualitas pemain menjadi hebat, manajer harus menjalin interaksi yang sering di luar lapangan.

"Saya pikir untuk membangun pemain menjadi hebat yang terpenting adalah interaksi saat di luar lapangan. Di lapangan tidak begitu penting. Jadi, manajemen manusia harus diterapkan, karena sepakbola terus berubah dan bergerak maju," kata Pochettino kepada Sky Sports.

"Mengapa manajemen manusia sangat penting? Karena para pemain hanya memikirkan apa yang telah Anda bicarakan dengan mereka. Saya pun perlu mengawasi 25 pemain, jadi cara yang paling utama adalah memiliki waktu untuk berbicara bersama di luar lapangan," ucapnya.

Lebih lanjut, sebagai manajer, Pochettino pun wajib mengingat setiap isi pembicaraan yang dilakukannya dengan semua pihak. Sebab, kata Pochettino, manajer membutuhkan keterampilan dalam berkomunikasi agar bisa sukses.

"Selain itu, mengingat setiap isi pembicaraan dengan pemain, staf, dewan direksi, dan media, adalah hal penting dalam membina hubungan. Karena itu adalah keterampilan yang kami butuhkan sebagai manajer, jika ingin sukses," ujar Pochettino.

Manajer asal Argentina itu juga menambahkan, situasi internal masing-masing pemain harus diketahui. Tak bisa dipungkiri, dikatakannya, suasana hati pemain di luar lapangan sangat mempengaruhi penampilannya.

"Semua hal yang terjadi di luar lapangan sangat mempengaruhi kinerja pemain di lapangan. Jika Anda memikirkan banyak hal, maka penampilannya di lapangan kurang maksimal," kata eks manajer Espanyol itu.