Arsenal Resmi Bajak David Luiz dari Chelsea

Pemain belakang Arsenal, David Luiz
Sumber :
  • Instagram/@arsenal

VIVA – Kejutan terjadi jelang penutupan bursa transfer musim panas 2019. Klub asal London Utara, Arsenal, berhasil mendatangkan defender veteran berpaspor Brasil, David Luiz. The Gunners memboyong pemain berambut kribo dari sesama klub asal London, Chelsea.

Lewat situs resminya, Arsenal mengonfirmasi kedatangan pemain belakang berusia 32 tahun ini. Dalam keterangannya, Arsenal tak menyebut berada durasi kontrak yang ditandatangai Luiz, dan hanya mengungkap bahwa sang pemain akan mengenakan kostum bernomor 23.

"Pemain belakang internasional Brasil, David Luiz, melakukan penandatanganan permanen dengan kami dari Chelsea. David akan mengenakan kostum bernomor 23," bunyi pernyataan Arsenal dikutip Arsenal.com.

Menurut laporan Sky Sports, Arsenal hanya mengeluarkan dana sebesar 8 juta Poundsterling, atau senilai Rp138 miliar, untuk mendapatkan tanda tangan Luiz.

Luiz sebelumnya dipulangkan Chelsea awal musim 2016/2017, setelah sempat dilepas ke Paris Saint-Germain (PSG) periode 2014/2015. Dalam kesempatan keduanya membela armada London Barat, Luiz tampil dalam 105 pertandingan dan mencetak enam gol di semua ajang. 

Selain itu, Luiz juga ikut membawa Chelsea meraih satu gelar Premier League, satu gelar Piala FA, dan satu gelar Liga Europa. Sebelumnya, Luiz juga pernah membawa Chelsea juara Liga Champions 2011/2012, Piala FA 2011/2012, dan Liga Europa 2012/2013.

Luiz jadi rekrutan kelima Arsenal dalam bursa transfer musim panas 2019. Sebelumnya, armada Meriam London juga sudah mendatangkan Gabriel Martinelli (Ituano), William Saliba (Saint-Etienne), Nicholas Pepe (Lille), dan Kieran Tierney (Celtic FC).