De Ligt Datang, Juventus Kian Berbahaya

Kapten Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt resmi gabung ke Juventus.
Sumber :
  • Instagram/@afcajax

VIVA – Bintang muda Ajax Amsterdam, Matthijs De Ligt resmi bergabung dengan raksasa Italia, Juventus. Dia digaet dengan nilai transfer mencapai 85,5 juta euro.

Melalui keterangan resmi, Juventus menyatakan akan membayar De Ligt senilai 75 juta euro dengan sistem cicilan dalam lima tahun. Sedangkan tambahan 10,5 juta euro diyakini adalah komisi bagi agen Mino Raiola.

Di Juventus, De Ligt dikontrak lima tahun. Dia akan menerima bayaran 7,5 juta euro, ditambah bonus 4,5 juta euro, seperti dikutip Football Italia.

De Ligt menjadi pemain anyar keenam Juve di musim panas ini. Sebelumnya Juventus merekrut Aaron Ramsey, Adrien Rabiot, Luca Pellegrini, Merih Demiral dan Christian Romero.

Sedangkan dengan nilai transfer ini, berdasarkan Transfermarkt, De Ligt menggusur posisi bek Liverpool Virgil Van dijk sebagai bek termahal di dunia. 

Rekan senegaranya itu, direkrut Liverpool dari Southampton pada Januari 2018 dengan harga €84 juta (sekitar Rp1.31 triliun). 

Sementara itu, di skuat Juventus, De Ligt menjadi pemain termahal ketiga. Dia hanya kalah dari Cristiano Ronaldo yang dibeli €105 juta (sekitar Rp1.6 triliun) dari Real Madrid pada musim panas 2018 lalu dan Gonzalo Higuain seharga €90 juta euro (sekitar Rp1.4 triliun). 

Nama De Ligt meroket setelah penampilan menawannya bersama Ajax musim lalu. 

Dia sukses mengantarkan Ajax ke semifinal Liga Champions dan merebut dua gelar bergengsi yakni Eredivisie Belanda dan Piala Belanda.

Kedatangan De Ligt akan semakin menyempurnakan pertahanan Juventus yang sebelumnya dihuni bek kawakan, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Peran Besar Ronaldo

Yang menarik dari kehadiran De Ligt di Juventus sekarang adalah dia akan bertemu dengan Cristiano Ronaldo. 

Ronaldo merupakan pemain yang sempat mengajaknya bergabung ketika selesai duel di ajang UEFA Nation League, antara Portugal dengan Belanda beberapa waktu lalu.

Secara terang-terangan, kala itu, De Ligt mengatakan bahwa Ronaldo datang kepadanya dan mengatakan agar segera datang ke Turin. 

Padahal, ketika itu De Ligt sedang ramai diisukan akan pindah ke Barcelona, menyusul rekannya Frankie De Jong.

Hal unik lain adalah, Ronaldo dan De Ligt adalah pemain yang sama-sama pindah ke Juventus hanya beberapa bulan setelah mereka membunuh asa 'Si Nyonya Tua' melangkah lebih jauh di Liga Champions.

Pada 2018 saat berkostum Real Madrid, Ronaldo menyudahi perlawanan Juventus di leg 2 perempatfinal melalui gol penalti di menit akhir. 

Padahal, ketika itu Bianconeri berhasil mengejar ketinggalan pada leg 1 dan sempat menyamakan agregat.

Sementara itu, De Ligt merupakan pembunuh Juventus pada 2019. Gol tandukannya membuat pasukan Massimiliano Allegri tersingkir karena kalah 1-2 pada leg 2 di Allianz Stadium, setelah sebelumnya di kandang Ajax bermain seri 1-1.