Barcelona dan Hilangnya Bibit Unggul La Masia

Megabintang Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • Twitter/@FCBarcelona

VIVA – Barcelona selalu melekat pada akademi La Masianya, beberapa pemain bintang mereka ciptakan di akademi ini mulai dari Carles Puyol, Xavi Hernandes hingga Lionel Messi. Pemain tersebut yang sedikit banyak berkontribusi atas prestasi yang dihasilkan Blaugrana. Namun belakangan, La Masia seret bibit unggul. 

Hal ini dibuktikan dengan ketidakpercayaan Barcelona dengan produk mereka sendiri.  Barca lebih memilih membeli pemain bintang dari luar ketimbang mempromosikan pemain muda. 

Baru-baru ini, Barcelona mendatangkan pemain bertahan milik Valencia, Jeison Murlillo sebagai pemain pinjaman dengan opsi permanen. Langkah tersebut menuai kritik dan dianggap sudah tidak mau lagi memanfaatkan potensi La Masia. 

Selain itu, keputusan Barcelona untuk meminjam Jeison sebenarnya menjadi opsi yang membingungkan. Sebab masih ada empat bek yang mereka miliki, seperti Gerard Pique, Samuel Umtiti, Thomas Vermaelen hingga Clement Lenglet. 

Praktis di skuat Barcelona, dikumpulkan dari berbagai sumber, hanya ada satu nama yang mau dipromosikan Barcelona musim ini. Dia adalah Carles Alena dari Barcelona B yang merupakan lulusan akademi La Masia. 

Untuk diketahui, Barcelona sendiri belum menciptakan pemain muda La Masia yang bisa tampil impresif setelah era Lionel Messi. (sat)