Ternyata Zidane Bukan Pelatih Terbaik Madrid Musim Ini

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari
Sumber :
  • Fox Sports Asia

VIVA – LaLiga sudah berakhir. Nasib buruk dirasakan Real Madrid pada jornada pamungkas ketika harus menelan kekalahan 0-2 dari Real Betis di Santiago Bernabeu.

Los Blancos pun harus finis 3 di klasemen akhir. Mereka mengumpulkan 68 poin, berada di bawah sang juara Barcelona dan seteru sekota, Atletico Madrid.

Musim ini memang bukan milik Madrid. Tidak ada trofi yang mampu dibawa pulang oleh juara Liga Champions dalam tiga musim terakhir tersebut.

Yang mengenaskan, Madrid sepanjang musim ini sudah tiga kali berganti pelatih. Dimulai dari Julen Lopetegui, Santiago Solari, sampai kembali ke tangan Zinedine Zidane.

Dari tiga pelatih itu, ternyata Solari yang tadinya hanya didapuk sebagai caretaker, masih yang paling sukses dari sisi statistik, seperti ditulis Tribalfootball.

Solari memiliki persentase kemenangan 72,54 persen. Dia meraih 12 kemenangan, empat kalah dan sekali imbang. Cuma yang bikin pria asal Argentina itu harus tidak mendapat toleransi lagi dari manajemen, karena kekalahan memalukan di babak 16 besar Liga Champions melawan Ajax Amsterdam.

Sedangkan di posisi kedua ada Zidane. Setidaknya dia masih punya catatan kemenangan sebesar 51,51 persen. Yang paling buruk tentunya mantan pelatih Timnas Spanyol, Lopetegui, yang hanya memiliki persentase kemenangan 46,66. (one)