Terungkap, Barcelona Jual Ronaldinho demi Selamatkan Karier Messi

Messi dan Ronaldinho saat masih sama-sama di Barcelona
Sumber :
  • Sport English

VIVA – Sebuah fakta penting terkuak dari pengakuan mantan gelandang Barcelona, Alexander Hleb. Pernyataannya itu mengenai faktor non teknis penjualan Ronaldinho dan Deco oleh Barcelona pada 2008 silam.

Hleb menyebut ada alasan terselebung mengapa Barcelona berani melepas Ronaldinho dan Deco, meski kedua pemain tersebut menjadi pilar penting yang mengawali kejayaan  Barcelona pada abad ke-21.

Ronaldinho dan Deco membuka keran juara Liga Spanyol Barcelona yang macet, sejak musim 1999 pada musim 2004-2005. Keduanya, juga membantu Barca menjuarai Liga Champions semusim kemudian.

Hleb mengatakan, penjualan Ronaldinho dan Deco bukan semata soal kebutuhan taktikal. Tetapi, karena Barcelona ingin menyelamatkan karier Lionel Messi.

Hleb, yang membela Blagurana antara 2008-2012, menyebut Ronaldinho dan Deco mempunyai kebiasaan buruk buat perkembangan Messi yang saat itu baru berusia 20 tahun.

"Ronaldinho dan Deco datang ke latihan dalam kondisi mabuk. Itulah mengapa Ronaldinho dan Deco dijual pada 2008. Karena mereka (Barcelona) takut, keduanya akan memengaruhi Lionel Messi," kata Hleb, dikutip Marca.

Ronaldinho yang meraih Ballon d'Or pada 2005 dan 2006, akhirnya menuntaskan lima tahun kebersamaan dengan Barcelona, setelah dijual ke AC Milan dengan harga £21 juta (sekitar Rp389,3 miliar). Sedangkan Deco dilepas Barcelona ke Chelsea ,dengan mahar £8.9 juta (sekitar Rp161,2 miliar).

Penjualan Ronaldinho dan Deco pada 2008 lalu, dapat dibilang keputusan yang tepat. Sebab, saat ini Messi telah menjelma menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. 

Sejak debut profesional pada 2005, Messi total sudah mengumpulkan 35 trofi bersama Barca. Selain 10 gelar LaLiga, Messi punya enam Coppa del Rey, delapan Piala Super Spanyol, empat Liga Champions, tiga Piala Super Eropa, dan tiga gelar Piala Dunia Antarklub. Messi melengkapinya dengan penghargaan pribadi, yakni lima gelar penghargaan Ballon d’Or. (asp)