Klausul Pelepasan Griezmann Tertinggi di Barcelona, Messi Lewat

Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann
Sumber :
  • Instagram/@fcbarcelona

VIVA – Antoine Griezmann sudah resmi menjadi bintang baru Barcelona. Juru gedor berpaspor Prancis ini akan menjadi idola baru publik Catalan, setelah diboyong dari Atletico Madrid. Baru saja datang, sudah ada aroma persaingan antara Griezmann dengan Messi meskipun keduanya belum saling bertatap muka.

Menurut laporan The Telegraph, Barcelona harus menggelontorkan dana sebesar 120 juta Euro, atau setara dengan Rp1,9 triliun, untuk mendapatkan tanda tangan bintang berusia 28 tahun tersebut. Dengan dana tersebut, Barcelona mengikat eks penyerang Real Sociedad ini dengan kontrak lima tahun.

Lantas, di mana persaingan Griezmann dengan Messi? Sementara Griezmann sudah bertemu dengan sejumlah penggawa Barcelona, Messi masih belum kembali ke Spanyol setelah membela Timnas Argentina di ajang Copa America 2019.

Ya, kedatangan Griezmann ke Barcelona langsung mengalahkan Messi dalam hal nilai klausul pelepasan (buy out clause). Tak mau dibajak klub lain, Barcelona langsung memagari Griezmann dengan klausul pelepasan senilai 800 juta Euro, atau senilai dengan Rp12,6 triliun.

Ternyata, nilai klausul pelepasan Griezmann jauh lebih tinggi dari Messi. Saat menandatangani perpanjangan kontrak dengan Barcelona pada 2017 silam, Messi diikat Barcelona hingga 2021. Menurut laporan CBS SPORTS, dalam kontrak barunya Messi memiliki nilai klausul pelepasan sebesar 700 juta Euro, atau setara dengan Rp10,9 triliun.

Bukan hanya unggul dari Messi, nilai klausul pelepasan Griezmann juga terpaut jauh dari bintang Barcelona lainnya, Philippe Coutinho. Saat diboyong Barcelona dari Liverpool, pertengahan musim 2017/2018, Coutinho diikat kontrak berdurasi lima musim. Dalam kontraknya, Coutinho memiliki nilai klausul pelepasan hanya sebesar 395,8 juta (Rp6,2 triliun).

Jika melihat data yang dikutip 90min, Griezmann menjadi pemain kedua dengan nilai klausul pelepasan tertinggi di dunia di bawah Karim Benzema. Hingga saat ini, striker Real Madrid yang merupakan kompatriot Griezmann ini masih menempati urutan teratas pemegang nilai klausul pelepasan tertinggi.

Nilai klausul pelepasan Benzema sebesar 1 triliun Euro (Rp15,7 triliun), sejak menandatangani kontrak baru dengan armada Los Blancos pada 2014. (one)