Isu Cuci Gudang Barcelona, Siapa yang akan Dibuang?

Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic (kiri) dan Philippe Coutinho
Sumber :
  • UEFA

VIVA – Sejumlah pemain Barcelona terancam terdepak. Hal itu menyusul ucapan pelatih Ernesto Valverde yang menyebut skuadnya kegemukan, khususnya di sektor gelandang

Pada bursa transfer musi panas ini, Barcelona sudah mengeluarkan uang senilai €255 juta (sekitar Rp4,1 triliun). Nominal itu dikeluarkan untuk mendatangkan enam pemain baru. 

Keenam pemain tersebut adalah Junior Firpo, Frenkie de Jong, Emerson, Neto, Antoine Griezmann, dan Marc Cucurella. 

Pengeluaran Barcelona musim panas ini menjadi yang terbesar kedua sepanjang sejarah klub. Jumlahnya hanya kaah dari pembelian pemain pada musim panas 2017. ketika itu, Blaugrana menggelontorkan €374,5 juta (sekitar Rp6 triliun).

"Ada cukup banyak pemain di lini tengah. Kita lihat saja nanti apa yang akan terjadi. Saya masih belum tahu bila akan ada penjualan atau pembelian yang hendak dilakukan," kata Valverde, dikutip Marca.

Lalu, siapa yang akan dibuang? Jika merujuk dari ucapan di atas, Ivan Rakitic dan Arturo Vidal jadi nama yang disebut-sebut hendak dilego Barca. Sebab, dua pemain tersebut berposisi sebagai gelandang. 

Khusus untuk Rakitic, Barcelona akan menjualnya karena permintaan dari kapten tim, Lionel Messi. Megabintang asal Argentina itu memang memiliki keistimewaan di Barcelona.

Manajemen Blaugrana sangat mendengarkan pendapat Messi, termasuk kebijakan transfer. Messi dikabarkan meminta Rakitic dijual karena performanya musim lalu mengalami penurunan.

Sementara itu, dikutip AS, Philippe Coutinho juga masuk dalam daftar pemain yang akan ditendang. Performanya yang terlihat biasa pada musim lalu, membuat tim berat untuk mempertahankannya. (ren)