3 Bintang Calon Tumbal Perampingan Skuat Barcelona

Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic (kiri) dan Philippe Coutinho
Sumber :
  • UEFA

VIVA – Terjadi penumpukan di lapangan tengah Barcelona. Ada sembilan gelandang yang siap dimainkan untuk musim depan, yakni Sergio Busquets, Sergi Roberto, Ivan Rakitic, Frankie De Jong, Charles Alena, Arthur, Arturo Vidal, dan Riqui Puig.

Jumlah yang terlalu banyak menurut pelatih Ernesto Valverde. Sebab, dia hanya membutuhkan setidaknya enam pemain tengah.

Barcelona akan mengusung pola 4-3-3. Dari tiga posisi di lapangan tengah, Valverde cuma mau memakai masing-masing dua pemain saja.

Dalam kondisi yang tidak ideal ini, praktis Barcelona harus membuang tiga di antaranya. Lalu, siapa saja yang kemungkinan besar bakal ditendang?

Perkembangan di bursa transfer, aktivitas pembuangan pemain oleh Barcelona mengerucut pada tiga nama. Mereka adalah Rakitic, Coutinho dan Vidal, seperti dikutip Sport.

Rakitic sudah tidak terlalu dibutuhkan karena hadirnya De Jong. Belum lama ini dia pun diisukan bakal hengkang ke Inter Milan, AC Milan, hingga Manchester United.

Vidal dari semula memang hanya menjadi ban serep. Bahkan, tenaganya hampir tidak terpakai sejak didatangkan musim lalu dari Bayern Munich. Kabarnya dia akan merapat ke Inter, bereuni dengan Antonio Conte, mantan pelatihnya di Juventus.

Coutinho jadi salah satu pemain termahal Barcelona. Cuma musim lalu dia gagal menampilkan yang terbaik. Kebetulan kini datang Antoine Griezmann, maka posisinya di lini serangan langsung digeser sedikit ke bawah menjadi gelandang. Sialnya di sana sudah ada beberapa pemain yang dianggap lebih mumpuni dan bisa tampil sesuai kemauan sang pelatih.

Mau tak mau sekarang Coutinho harus rela tersisih atau bahkan dibuang. Kabarnya, Barcelona sudah menawarkan pemain asal Brasil tersebut kepada sejumlah klub, termasuk PSG, MU dan Liverpool.