Deretan Pemain Beken yang Pernah Berseragam Persija dan Persib

Bek anyar Persija, Tony Sucipto
Sumber :
  • Media Persija

VIVA – Transfer Tony Sucipto ke Persija Jakarta cukup mengejutkan. Tony menyeberang langsung ke klub Ibukota setelah menjadi pilar Persib Bandung, yang menjadi rival bagi Persija.

Sebenarnya bukan hal yang aneh dalam transfer langsung Tony ke Persija. Sebab, di masa sebelumnya, sudah banyak pemain beken yang menyeberang langsung ke Persija dan Persib.

Atep Rizal contohnya. Masuk di tim muda Persib pada era 2002-2004, Atep justru mengawali karier senior di Persija.

Sejak 2004, Atep membela panji Macan Kemayoran. Empat tahun Atep bermarkas di Jakarta hingga akhirnya pindah ke Persib pada awal musim 2008/09.

Selain Atep, masih ada pemain lain yang sempat berseragam Persija dan Persib. Meski tak menyeberang langsung, tentu ini jadi cerminan bahwa rivalitas di atas lapangan hanya bentuk dari persaingan olahraga yang sehat.

Berikut deretan pemain yang pernah berseragam Persib dan Persija, yang dikumpulkan VIVA dari berbagai sumber:

1. Shahar Ginanjar

Shahar memang tak menyeberang langsung ke Persija. Usai membela Persib, Shahar sempat pindah ke Mitra Kukar.

Baru, pada bursa transfer tengah musim 2018, Shahar pindah ke Persija. Di Persija, Shahar tak menjadi kiper utama. Dia cuma melapis Andritany Ardhiyasa yang sudah mengunci posisi sebagai kiper utama.

2. Asri Akbar

Nasib Asri mirip dengan Shahar. Asri sempat berpetualang bersama Sriwijaya FC, Mitra Kukar, dan Borneo FC, usai hengkang dari Persib pada 2013 lalu.

Di awal musim 2017, eks pelatih Persija, Stefano Cugurra Rodrigues, memutuskan untuk memboyong Asri. Hingga kini, Asri dan Shahar masih berstatus pemain Persija.

3. Maman Abdurrahman

Pilar di lini belakang Persija pada dua musim terakhir ini sempat bersinar bersama Persib. Justru, bersama Maung Bandung, dia menunjukkan kelasnya sebagai bek papan atas Indonesia.

2013, Maman memutuskan hijrah ke Sriwijaya. Setahun kemudian, Maman pindah ke Persita Tangerang dan baru gabung Persija pada 2016 lalu.

4. Abanda Herman

Abanda jadi salah satu bek asing tertangguh yang pernah dimiliki Persija. Lima tahun dia berseragam Macan Kemayoran, sejak 2005 hingga 2010.

Kepindahannya ke Persib tak langsung. Tapi, Abanda terlebih dulu main di Persema Malang dan baru gabung ke Persib pada 2011 silam.

Selama dua musim, pemain asal Kamerun itu membela panji Maung Bandung.

5. Muhammad Ilham

Setelah moncer bersama Persija, Ilham secara mengejutkan pindah ke Persib pada awal musim 2010. Pemain kelahiran Majene tersebut cuma satu tahun bermain untuk Persib.

31 penampilan dicetak oleh Ilham selama berseragam Persib. Namun, hanya tiga gol yang dicetaknya pada musim 2010/11. Selanjutnya, Ilham memutuskan hengkang ke PSPS Pekanbaru dan kembali lagi ke Persija pada 2012 hingga 2013 dan 2014 sampai 2016.

6. Baihakki Khaizan

Bek legendaris Singapura ini juga menjadi pemain yang menyeberang langsung dari Persija ke Persib. Baihakki hengkang ke Persib usai kompetisi Liga Super Indonesia musim 2009/10 berakhir.

Kepindahannya sempat jadi kontroversi. Namun, di Persib, Baihakki tak lama bermain. Dia cuma bertahan selama enam bulan.

Selanjutnya, Baihakki memilih bermain di kompetisi Liga Primer Indonesia bersama Medan Chiefs. (one)