Pertimbangkan Keselamatan, Mkhitaryan Absen di Final Liga Europa

Gelandang Arsenal, Henrikh Mkhitaryan
Sumber :
  • Twitter/@HenrikhMkh

VIVA – Gelandang Arsenal, Henrikh Mkhitaryan, dipastikan absen di final Liga Europa melawan Chelsea di Olympic Stadium, Baku, Kamis dini hari, 30 Mei 2019 WIB. Mkhitaryan memilih untuk tidak berangkat ke Azerbaijan karena masalah keselamatan.

Seperti diketahui, negara asal Mkhitaryan, Armenia, tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Azerbaijan. Hal tersebut menjadi penyebab utama Mkhitaryan mengurungkan niat membela Arsenal di final Liga Europa musim ini.

Padahal, otoritas sepakbola Azerbaijan (AFFA) telah menjamin keselamatan seluruh pemain Arsenal dan Chelsea, termasuk Mkhitaryan. Namun, eks pemain Borussia Dortmund itu tetap ngotot untuk tidak berangkat.

"Setelah mempertimbangkan semua opsi saat ini, kami harus mengambil keputusan yang sulit, agar saya tidak berangkat bersama skuat ke final Liga Europa," kata Mkhitaryan seperti dikutip BBC, Rabu 22 Mei 2019.

"Memang, ini (final Liga Europa) adalah momen yang jarang muncul bagi saya. Makanya, saya sangat kecewa melewatkannya," ungkapnya.

Sementara itu, Manajer Arsenal, Unai Emery, mengatakan, awalnya berniat tetap membawa Mkhitaryan. Akan tetapi, setelah berkomunikasi dengan keluarganya, Mkhitaryan memutuskan untuk tidak pergi ke Baku.

"Dia ingin tetap bermain dengan tim, tapi setelah berbicara dengan keluarganya dia memutuskan untuk tidak berangkat," kata Emery.

"Ini keputusan yang sangat pribadi dan kami perlu menghormatinya. Saya tidak mengerti masalah politik, tetapi saya harus menghormati keputusannya," ucapnya. (one)