Salah Berjasa Turunkan Angka Islamofobia di Liverpool

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah
Sumber :
  • Twitter/@LFC

VIVA – Selain garang di depan gawang, winger Liverpool, Mohamed Salah, dikenal sebagai sosok yang ramah dan santun. Secara tak langsung, pemain internasional Mesir ini mampu memperkenalkan Islam sebagai agama yang cinta damai.

Penelitian menarik dilakukan oleh Stanford University. Hasil studi menunjukkan kehadiran Salah mampu menurunkan angka Islamofobia atau ketakutan akan Islam di kota Liverpool. Itu terjadi sejak Salah bergabung dengan The Reds, Juni 2017 silam.

Dilansir The Independent, angka kebencian terhadap Muslim menurun 18,9 persen sejak Salah bergabung dengan Liverpool. Dalam jangka waktu yang sama, tweet anti Muslim dari fans Liverpool menurun 50 persen, jika dibandingkan dengan klub-klub besar Premier League lainnya.

Hasil studi menyimpulkan, kepribadian Salah yang ramah membantunya mengangkat citra umat Muslim.

"Hasil eksperimen ini menunjukkan meningkatkan keakraban dengan Islam. Temuan ini menemukan paparan positif untuk selebriti outgroup dapat mengungkapkan informasi baru dan memanusiakan informasi mengenai grup pada umumnya, mengurangi sikap dan perilaku yang berprasangka," ungkap penelitian itu.

"Secara keseluruhan, kami menafsirkan hasil ini bahwa kedatangan Salah ke Liverpool mampu menurunkan tindakan fanatik yang ekstrem," lanjutnya.