Ya Ampun, Gantengnya McMenemy Saat Pimpin Timnas Main di SUGBK

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA – Ada pemandangan tak biasa saat Timnas Indonesia berlaga melawan Vanuatu dalam laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu 15 Juni 2019 WIB. Saat itu, juru taktik Tim Garuda, Simon McMenemy, berpenampilan tak seperti biasanya.

Timnas Indonesia berhasil menggilas Vanuatu dengan skor telak 6-0 dalam laga tersebut. Striker naturalisasi, Alberto "Beto" Goncalves, mencetak quattrick. Sementara itu, bintang Indonesia lainnya, Evan Dimas Darmoni, berhasil mencetak brace.

Tapi, bukan hanya itu yang menjadi sorotan. McMenemy juga tak luput dari mata kamera yang mengarah kepadanya. Ya, McMenemy yang biasanya hanya mengenakan setelan training justru tampil parlente saat memimpin Timnas Indonesia dalam laga itu.

McMenemy yang punya badan jangkung, tampak keren dengan kemeja putih berbalut jas dan celana berwarna biru tua. Ternyata, ada alasan khusus bagi pelatih berusia 41 tahun ini bergaya tak biasanya.

Pertandingan melawan Vanuatu adalah laga spesial buatnya. Sebab, laga itu adalah yang perdana di SUGBK sejak McMenemy didapuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2018 lalu. Tak segan, McMenemy mengungkap perasaannya saat melakoni laga debutnya di SUGBK.

"Pertanyaan yang sangat menarik saat Anda tidak menanyakan formasi dan strategi, tetapi sesuatu yang positif. Bagi saya, ini adalah pertandingan pertama saya (di SUGBK) sejak melatih Timnas (Indonesia). Saya ingat bahwa stadion ini sangat menakutkan saat saya masih menjadi pelatih (Timnas) Filipina," ujar McMenemy kepada wartawan.

"Saya ingat debu berterbangan karena para pendukung Indonesia berloncatan dan membuat stadion bergemuruh. Saya membutuhkan Anda, dukungan Anda semua untuk kami bisa tampil lebih baik lagi," katanya.

Selanjutnya, McMenemy akan menghadapi pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan digelar 5 September 2019 mendatang. Indonesia berada di pot 5 undian kualifikasi Piala Dunia 2022, bersama Singapura, Nepal, Kamboja, Macau, Bangladesh, Mongolia, dan Guam.