Peraih Ballon D'Or Ditangkap Lantaran Kasus Suap Piala Dunia Qatar

Michel Platini
Sumber :
  • EUTERS/Eric Gaillard

VIVA – Mantan Presiden UEFA sekaligus gelandang legendaris Timnas Prancis, Michel Platini, ditangkap oleh kepolisian. Platini ditahan lantaran terbukti terlibat dalam kasus suap dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2022, yang dimenangkan oleh Qatar.

Daily Mirror melansir, Platini ditangkap pada Selasa pagi waktu setempat. Dia didakwa mendapatkan uang panas dalam proses pencalonan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, saat masih menjabat sebagai Presiden UEFA.

Kini, Platini digelandang ke rumah tahanan Lembaga Anti Korupsi Prancis (OCLCIFF). Pihak kepolisian berencana untuk memeriksa Platini lebih lanjut demi mendapatkan keterangan mendalam terkait kasus suap yang membuat Qatar terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Memang, dalam proses pencalonan Qatar sebagai tuan rumah, banyak keanehan yang terjadi. Penyelidikan digelar dan polisi menemukan berbagai bukti terkait anehnya penunjukan Qatar.

Ujungnya, beberapa pejabat teras FIFA harus berurusan dengan hukum. Pun, Platini yang juga peraih Ballon d’Or tiga kali beruntun (1983 hingga 1985) terbukti bersalah dan harus menerima hukuman dari Komite Etik FIFA terkait berbagai pelanggaran yang dilakukan. (one)