Minum Jus Kodok, Rahasia Eks Gelandang MU Perkasa di Lapangan

Park Ji-Sung saat masih bermain bersama Manchester United
Sumber :
  • Manutd.com

VIVA – Hanya ada satu nama pemain Asia yang tercatat pernah mengangkat trofi Liga Champions. Ya, dia adalah mantan kapten Timnas Korea Selatan, Park Ji-Sung. Saat masih aktif bermain, Park dikenal punya daya jelajah dan tenaga yang luar biasa saat bermain di atas lapangan.

Park adalah pemain Asia pertama yang merasakan gelar juara Liga Champions. Prestasi itu diraih Park bersama Manchester United pada 2007/2008. Tak cuma di Liga Champions, pria yang saat ini sudah berusia 38 tahun ini juga ikut mengantar MU meraih sederet gelar lainnya semisal Premier League dan Piala Dunia Klub.

Pantang menyerah dan punya tenaga super saat beraksi di lapangan, jadi karakter yang dimiliki Park. Dengan daya jelajah yang begitu tinggi, Park bahkan hingga mendapat julukan Three-Lung Park, atau Park Si Tiga Paru-paru.

Ternyata, Park punya cara tersendiri yang membuatnya punya tenaga super saat bermain. Tapi, apa yang dilakukan Park untuk menjaga staminanya dirasa cukup menjijikkan. Sebab, Park ternyata mengonsumsi jus kodok. 

Fakta lainnya juga, Park mendapatkan resep meminum jus kodok dari orang tuanya sendiri. Diceritakan Park, kedua orang tuanya menyuruhnya meminum jus kodok untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kebugarannya sebagai pesepakbola profesional.

"Mereka (orang tua Park) berkata kepada saya, itu (jus kodok) baik untuk kesehatan saya. Dan untuk menjadi kuat, saya memakan apa pun untuk meningkatkan kesehatan saya," ujar Park kepada The Sun.

Sepanjang 14 tahun kariernya di dunia sepakbola profesional, selain memperkuat MU Park juga pernah membela klub elite Belanda, PSV Eindhoven, Queens Park Rangers, dan klub Jepang, Kyoto Purple Sanga. Total Park bermain dalam 435 pertandingan dan mencetak 58 gol di semua ajang. (ase)