Masyarakat Beri Respons Positif Terhadap Transformasi Digital

Media gathering Jenius Co. Creation Week 2019.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Masyarakat Indonesia diketahui memiliki pandangan positif terhadap gaya hidup digital yang saat ini tengah menjadi tren. Berdasarkan survei yang dilakukan Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau BTPN dan Nielsen, gaya hidup digital yang dimaksud ialah tentang cara berkomunikasi, menikmati hiburan, melakukan aktivitas sehari-hari hingga mengelola keuangan.

Studi yang bertemakan Jenius Financial Study: Indonesia Digital Savvy Behavior 2019 ini melibatkan 2.055 responden di Jabodetabek, Medan, Surabaya dan Makassar.

Deputy Head of Digital Banking BTPN, Irwan Sutjipto Tisnabudi mengatakan, studi tersebut dilakukan guna menggambarkan transformasi digital di Indonesia.

"Transformasi digital telah terjadi begitu cepat, termasuk di industri perbankan dan digital. Studi juga mengatakan bahwa transformasi digital juga turut memengaruhi lintas generasi, melahirkan kebutuhan yang begitu beragam," katanya di Jakarta, Jumat 22 Februari 2019.

Sementara itu, Associate Director Consumer Insights Nielsen, Inggit Primadevi mengatakan, studi ini turut mengungkap terjadinya penerimaan yang positif terhadap gaya hidup digital. Hal ini dibuktikan dengan tingkat penerimaan yang cukup tinggi pada Gen Z, Gen Y, Gen X hingga baby boomers.

"Tingkat penerimaan ini terlihat di beberapa aspek gaya hidup yang semakin terintegrasi dengan digital. 72 persen responden melihat digital banking sebagai sesuatu yang inovatif, 61 persen dapat diandalkan, 60 persen merasa dimudahkan dan 53 persen merasa aman," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Atas dasar hal tersebut, Jenius kemudian kembali menggelar Co. Creation Week 2019 pada 22-24 Februari. Di tempat ini, setiap generasi dapat mengembangkan ide, inspirasi dan kreativitas, khususnya di bidang layanan finansial. Adapun kompetisi yang bisa diikuti peserta ialah hackathon dan Moneymoji.

"Semoga dengan terselenggaranya Co. Creation Week 2019 dan Jenius Financial Study ini menjadi pemicu bagi kami untuk terus berinovasi mengembangkan berbagai layanan finansial yang revolusioner di Jenius, serta menciptakan ekosistem life finance yang lengkap untuk masyarakat Indonesia," kata Irwan.