Begini Langkah Kominfo Ciptakan Unicorn Baru di Tanah Air

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara
Sumber :
  • VIVA/Mo

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, saat ini pemerintah terus berupaya untuk menggenjot startup yang ada, demi menciptakan unicorn-unicorn baru agar bisa terus berkembang dan menjadi besar di Tanah Air.

"Kita harus dorong startup karena dari sinilah tumbuh pemikiran baru dan cara-cara baru. Mudah-mudahan enggak hanya unicorn, nanti juga akan ada decacorn atau hectocorn yang valuasinya mencapai US$100 miliar," kata Rudiantara di kantornya, kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa 26 Februari 2019.

Oleh karenanya, Rudiantara memastikan bahwa pemerintah akan melakukan sejumlah upaya, seperti mempermudah para startup tersebut dari sisi regulasi.

Hal itu dibuktikan dengan tidak perlunya para startup tersebut meminta izin kepada Kominfo, selain mendaftarkan diri mereka sendiri secara sukarela melalui jalur online.

"Mereka cuma perlu registrasi karena terkait sebagai penyelenggara elektronik. Registrasi online sendiri dan di-print sendiri. Kalau tidak perlu berizin, maka enggak usah berizin. Paling izin platformnya aja ke OJK atau Kominfo," ujarnya.

Rudiantara juga memastikan bahwa saat ini 'Program 1000 Startup' juga masih digencarkan pihaknya, sebagai bentuk fasilitas pemerintah bagi para startup pemula.

Dia juga memastikan bahwa di dalam Program 1000 Startup itu, para startup yang baru lahir itu akan dibimbing dan diarahkan agar semakin efektif dan ekonomis, melalui langkah inkubasi sebagai salah satu fasilitasnya.

Setelah itu, lanjut Rudiantara, apabila para startup itu sudah mampu beroperasi secara bisnis dengan baik, maka pihak Kominfo juga akan mempertemukan mereka dengan pihak venture capital baik dari dalam dan luar negeri.

"Kita kenal venture capital dalam dan luar negeri. Tapi mereka enggak tahu startup mana yang bagus. Makanya kita bentuk komite agar bagaimana bisa terjadi tambahan-tambahan unicorn baru," kata Rudiantara.

Langkah lain yang juga membuktikan komitmen pemerintah dalam upaya mengembangkan dan menciptakan unicorn-unicorn baru salah satunya adalah peluncuran Palapa Ring.

Hal itu menurut Rudiantara akan membuka semakin banyak kesempatan bagi para anak bangsa di seluruh penjuru Nusantara, untuk ikut berpartisipasi dan berkompetisi dalam mengembangkan diri menjadi calon-calon pendiri startup dan unicorn-unicorn baru di Tanah Air.

"Palapa Ring, dimana tahun ini Indonesia bagian Barat dan Tengah sudah bisa beroperasi. Sementara untuk Indonesia Timur persiapannya sudah mencapai 90 persen dan juga akan segera beroperasi," ujarnya.