Curahan Hati CEO Apple ke Donald Trump

Curahan Hati CEO Apple ke Donald Trump. (FOTO: Reuters/Carlos Barria)
Sumber :
  • wartaekonomi

CEO Apple, Tim Cook mencurahkan isi hatinya terkait imbas tarif yang diberlakukan Amerika Serikat (AS) pada barang impor asal China ke Presiden AS Donald Trump. Selain itu, Cook juga membahas soal Samsung.

Melansir dari Reuters (19/8/2019), Trump menyebut Cook punya alasan logis bahwa pemberlakuan tarif bisa melukai Apple dan menguntungkan Samsung. Pasalnya, produk Samsung tidak akan dikenakan tarif yang sama.

Pemberlakuan tarif tersebut senilai US$300 miliar termasuk perangkat elektronik akan diwujudkan dalam dua tahap, mulai 1 September dan 15 Desember.

"Saya pikir dia (Cook) telah membuat argumen yang sangat menarik, jadi saya berpikir ulang tentang itu," kata Trump, "berat bagi Apple membayar tarif jika mereka berkompetisi dengan sebuah perusahaan yang sangat bagus yang tidak terkena."

Produk Apple kena tarif karena sebagian besar dibuat di China dan diimpor ke AS serta negara-negara lain. Sedangkan Samsung membuat gawainya di berbagai negara, termasuk Vietnam dan Korea Selatan, selain China.

Jika tarif diberlakukan, harga produk Apple berpotensi naik. Sementara Samsung yang lebih sedikit kena imbas diuntungkan karena kemungkinan harga produknya sama saja.