Papua Rusuh, Jokowi Disindir Warganet hingga Trending #WeLovePapua

#WeLovePapua trending di Twitter
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Aksi unjuk rasa berujung ricuh kembali terjadi di Jayapura, Papua, Kamis, 29 Agustus 2019. Akibat aksi ini, beberapa gedung dan kendaraan rusak dan terbakar. Situasi panas ini juga merembet ke ranah media sosial, seperti Twitter.

Menurut pantauan VIVA, Kamis malam, 29 Agustus 2019 ada tiga trending topic terkait Papua. Nomor pertama adalah tagar #WeLovePapua, nomor tujuh ada #pelukpapua dan nomor delapan adalah topik Jayapura.

Tagar #WeLovePapua sampai berita ini ditulis sudah dibuat sebanyak 3.238 tweet. Tagar diisi oleh beberapa video tentang keindahan Bumi Cenderawasih, foto-foto penduduk hingga berbagai kata mutiara untuk mendinginkan suasana di sana.     

        

Salah satu pengguna dengan nama @Kolak_VI menulis, "Irian, sebuah warisan nama yang disematkan oleh Frans Kaisiepo yang merupakan singkatan dari 'Ikut Republik Indonesia Anti-Netherland'. Sudah erat dan snagta nyaman dipelukan ibu pertiwi. Jangan pergi dari tanah air ini, saudaraku #WeLovePapua," tulisnya.

Tagar #WeLovePapua berhasil menduduki posisi pertama, padahal pada pukul 18:20 WIB, tagar ini belum terlihat ada di 10 besar trending topic Twitter. Tagar ini berhasil menggeser trending topic Karin yang pada satu jam lalu mendapat posisi puncak dengan jumlah tweet 47 ribu.

Ada pula warganet yang menyebut akun Twitter @jokowi dengan mengatakan, "Papua rusuh! Jangan cuma cengengesan, cengar-cengir sambil bagi-bagi sertifikat, naikin iuran BPJS. Ngurusan banjir dan macet aja enggak bener, pake ngurus negara," tulis akun @DidiMeniing.