Korban 'Zombie Smartphone' Meningkat

Bermain ponsel di jalan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seringkali ditemukan pejalan kaki yang terlalu fokus melihat telepon seluler (ponsel) atau smartphone tanpa melihat keadaan sekitar. Hal tersebut memicu kenaikan jumlah pejalan kaki yang tewas dan terluka akibat ponsel.

Dikutip dari Mirror, Minggu, 6 Oktober 2019, mereka disebut sebagai 'zombie smartphone', karena mereka berjalan atau menyeberang jalan sambil menunduk fokus pada ponsel tanpa melihat kendaraan di kanan dan kirinya.

Dalam lima tahun terakhir setidaknya ada 16 pejalan kaki yang tewas dalam kasus tabrakan sepeda dan 590 luka parah. Data dari pemerintah menyebutkan pada tahun lalu, ada satu yang tewas dan 114 luka parah.

Peristiwa yang terjadi saat ini meningkat 35 kali lipat dalam lima tahun terakhir. Juni lalu, seorang guru yoga Gemma Brushett pernah menuntut pengendara sepeda yang memukulnya karena menyeberang jalan sambil melihat ponsel.

Hakim mendapati bahwa kecerobohan Brushett adalah penyebab tindakan pemukulan itu. Namun, kemudian hukum memutuskan pengendara sepeda, Robert Hazeldean bertanggung jawab dan harus membayar denda ribuan poundsterling.

Sementara menurut komunitas sepeda, Duncan Dollimore dari Cycling UK, pengendara sepeda tidak banyak merugikan pengguna jalan lain, termasuk pejalan kaki.