Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Keren! 5 Bank Besar di Indonesia Bakal Terapkan Blockchain

Jumat, 8 Desember 2017 | 14:37 WIB
Foto :
  • VIVAnews/Adri Irianto
Bank Mandiri.

VIVA – Lima bank besar asal Indonesia sepertinya sedang bersiap menerapkan teknologi Blockchain yang bekerjasama dengan perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat, IBM. Kelima bank tersebut adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Danamon dan Bank Permata.

Senior Vice President of IBM Industry Platforms, Bridget van Kralingen, mengumumkan solusi perbankan bernama IBM Blockchain ini akan membantu industri keuangan mempercepat transaksi pembayaran, mengurangi kompleksitas transaksi terutama di bagian back office, sekaligus menekan biaya operasional.

Baca Juga

Mengutip situs resmi IBM, Jumat, 8 Desember 2017, dengan menggunakan solusi bernama IBM Blockchain, mereka juga bekerja sama dengan mitra seperti Stellar.org dan KlickEx Group.

"Solusi kami ini sudah memproses transaksi langsung di 12 koridor mata uang di seluruh Kepulauan Pasifik dan Australia, Selandia Baru serta Inggris," kata Bridget.

Blockchain merupakan sistem basis data global online yang berisi sekumpulan data transaksi di mana sistem basis data ini dapat dilihat secara umum (open source), seperti buku kas induk di bank yang mencatat semua transaksi nasabah, Blockchain juga mencatat semua transaksi yang dilakukan penggunanya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler