Putar Musik Spotify Bisa Pakai Siri?

Aplikasi Spotify
Sumber :
  • REUTERS/Lucas Jackson

VIVA – Asisten virtual Apple, Siri kemungkinan akan berkolaborasi dengan Spotify di masa depan. Asisten Virtual itu dikabarkan akan menjadi pengontrol layanan streaming musik, seperti Spotify. 

Pada salah satu sesi di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018 membincangkan mengenai Play Media menjadi salah satu bagian dari kemampuan Siri. 

Dilansir dari Uber Gizmo, Jumat 8 Mei 2018, kolaborasi ini memungkinkan pengguna menggunakan media seperti audio dan video dari aplikasi pihak ketiga. Pengguna bisa memutar musik atau video dengan memerintahkan Siri, demikian halnya untuk mengontrol pemutar musik yang aplikasinya bukan berasal dari Apple. Biasanya asisten tersebut itu hanya bekerja untuk aplikasi seperti Apple Music saja. 

Namun belum diketahui pasti, apakah setelah WWDC 2018 Apple akan mengembangkan ide ini atau tidak. Jika pengembang tidak menginginkan melanjutkannya, nampaknya akan menjadi ide semata saja. 

Selain itu, Siri kemungkinan akan lebih difokuskan untuk mengontrol Apple Music dibandingkan aplikasi streaming musik lainnya. 

WWDC 2018 dimulai sejak Senin, 4 Juni 2018 hingga Jumat, 8 Juni 2018. Pada hari pertamanya mereka memperkenalkan pembaharuan pada iOS 12. 

Salah satu yang ditampilkan pada iOS baru ini adalah Screen Time. Fitur ini untuk menampilkan lamanya pengguna menghabiskan waktu untuk mengakses aplikasi setiap kategorinya. Dengan demikian pengguna bisa mengendalikan diri untuk tidak kecanduan pada iPhone maupun iPad.