Netflix Punya Barack Obama, Apple Gandeng Oprah Winfrey

Oprah Winfrey.
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVA – Perusahaan teknologi Amerika Serikat, Apple Inc., mengumumkan kesepakatan kontrak eksklusif multiyears dengan Oprah Winfrey. Kemitraan ini sebagai bagian dari strategi Apple untuk bersaing dengan Netflix, Amazon dan HBO Time Warner di industri hiburan digital yang sedang booming.

"Bersama-sama, Winfrey dan Apple akan membuat program asli yang tak tertandingi untuk terhubung dengan pemirsa di seluruh dunia," bunyi keterangan resmi Apple seperti dikutip Reuters, Sabtu, 16 Juni 2018.

Kendati demikian, Apple tidak memberikan rincian jenis program dan nilai kontrak serta kapan program tersebut dirilis. Senada, Winfrey juga tidak segera memberikan pernyataan sepatah kata pun.

Namun, menurut sumber yang dekat dengan Apple dan Winfrey, mengatakan, Winfrey akan tetap menjadi kepala eksekutif saluran kabel OWN, yang diluncurkan pada 2011, dalam kemitraan dengan Discovery Inc.

Terlebih, Winfrey telah memperpanjang kontraknya dengan OWN pada Desember 2017 yang durasinya hingga 2025. Dengan demikian, Winfrey bisa muncul di depan kamera pada platform lain meski secara terbatas.

Netflix, yang mengatakan akan menghabiskan hingga US$8 miliar untuk pemrograman tahun ini, pada Mei lalu melakukan kesepakatan multiyears dengan mantan Presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle untuk memproduksi film, dokumenter dan konten lainnya.

Netflix, penyedia hiburan streaming terkemuka di dunia, juga telah memikat produser televisi produktif Ryan Murphy dan Shonda Rhimes jauh dari siaran televisi.

Sementara, Amazon mengatakan pada November 2017 telah membeli hak televisi global untuk "The Lord of the Rings" dan akan menghasilkan serangkaian multi-musim yang mengeksplorasi alur cerita baru yang mendahului penulis J.R.R. Tolkien “The Fellowship of the Ring.”

Adapun, awal pekan ini, Amazon juga mengumumkan kesepakatan pengembangan dengan perusahaan produksi aktris pemenang Oscar Nicole Kidman untuk film dan televisi. (ase)