3 Trik Simpel Agar Hasil Fotografi Jalanan Terlihat Instagramable

Pemandangan di atas panggung bambu Golo Lantar
Sumber :
  • Jo Kenaru/NTT.

VIVA – Media sosial tak jarang menjadi ajang otodidak bagi para pemula ini untuk mempelajari angle pengambilan gambar, yang kini dikenal dengan istilah Instagramable. Baik kamera ponsel maupun DSLR tak urung menjadi benda yang amat populer di kalangan masyarakat luas.

Objek yang diambil juga beragam, salah satu yang hits adalah street photography, di mana orang akan fokus menangkap momen-momen nyata (candid) di ruang publik seperti stasiun, mal, atau bahkan lingkungan sekitar tempat tinggal. Maka dari itu diperlukan untuk kreatif dan peka terhadap keadaan sekitar.

Untuk membantu para pemula menguasai teknik street photography, Shopee mengundang Aries Lukman, founder komunitas iPhonesia, dan seorang street photographer, Nico Harold, pada Bincang Shopee keempat, “The Two Tales of Street Photography”, di Jakarta, 25 Agustus 2018.  

“Kami berharap para peserta dapat memperoleh ilmu-ilmu yang berharga untuk meningkatkan keterampilan fotografi mereka. Nantikan topik yang lebih menarik untuk BincangShopee yang akan datang,” ujar Rezki Yanuar, Country Brand Manager, Shopee Indonesia, dalam rilisnya.

Street photography tidak memerlukan teknik khusus ataupun perlengkapan fotografi yang kompleks dan mahal. Yang terpenting adalah bereksperimen dan melatih sense fotografer terhadap cahaya, situasi, dan sudut pengambilan foto.

Jadi, street photography ini bisa dilakukan oleh siapa pun dan menggunakan gawai apa pun, lho! Simak 4 kunci pengambilan street photography berikut yang perlu diperhatikan oleh pemula.

Perhatikan interaksi yang terjadi di sekitar

Tantangan terbesar dari street photography adalah menangkap momen, sehingga kita pun harus selalu siap dengan gawai kita di saat momen tertentu terjadi. Interaksi sosial, misalnya. Menurut Aries Lukman, interaksi sosial yang menarik dalam street photography adalah sesuatu yang terjadi secara alami.

Kuasai teknis dasar fotografi

Untuk melatih sense pengambilan foto, teknis dasar fotografi perlu diperhatikan. Pahami teknik-teknik seperti triangle exposure (ISO, shutter speed, dan aperture), teknik komposisi dasar, serta kerja kamera. Ketiga hal ini menjadi penting agar gambaran momen dapat terinterpretasikan di gawai yang dimiliki.

Tentukan waktu yang pas

Menurut Nico, kesempatan untuk hunting street photography bisa kapan saja. Pagi, siang, malam, dan cuaca panas, mendung, maupun hujan pun bisa jadi menghasilkan foto-foto yang ciamik. Tempat pun bisa di mana saja, tidak hanya outdoor, tapi bisa juga termasuk tempat indoor seperti mal atau lingkungan sekitar kantor dan rumah.