Indosat Ooredoo Sudah Uji Coba 5G Sebelum Asian Games 2018

Petugas Indosat Ooredoo menyiagakan layanan jaringan.
Sumber :
  • Indosat Ooredoo

VIVA – Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo mengaku telah melakukan uji coba jaringan 5G dengan grup Ooredoo lainnya di Qatar. Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Herfini Haryono, menyebut uji coba tersebut sudah dilakukan sejak dua bulan lalu, atau sebelum Asian Games 2018 dimulai.

"Kita memang enggak trial di Indonesia. Tapi kita support atau kerja bareng dengan Ooredoo Qatar untuk launching 5G di sana bulan Juni kemarin. Tim kita juga ada yang langsung menyaksikan," kata Herfini di Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2018.

Hal ini berbeda dengan operator telekomunikasi lainnya, Telkomsel dan XL Axiata, yang melakukan uji coba 5G di Indonesia.

Telkomsel uji coba jaringan 5G pada gelaran Asian Games 2018, sementara XL Axiata melakukan hal yang sama dengan menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di kawasan Kota Tua, Jakarta Utara.

Tak hanya itu, Herfini mengaku bahwa saat ini sedang bekerjasama dengan salah satu universitas untuk membuat laboratorium internet of things (IoT). Sedangkan untuk NB IoT tinggal mengaktifkannya saja.

"Sebenarnya, aktifin NB IoT itu harusnya paling gampang. Tinggal ngidupin di software-nya," ungkap dia. Herfini juga menerangkan bahwa pihaknya menunggu uji coba yang dijanjikan Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait IoT.

Ia pun enggan mengumumkan besar-besaran terkait uji coba itu karena memang belum ada yang bisa diperlihatkan. "Saat siap untuk aktivitas trial, baik dengan universitas ataupun Kominfo, kami siap update ke publik," jelasnya.