Instagram Punya Bos Baru, 'Tangan Kanan' Mark Zuckerberg di Facebook

(Ki-ka): Mike Krieger, Head of Instagram, Adam Mosseri, dan Kevin Systrom.
Sumber :
  • TechCrunch

VIVA – Facebook tidak butuh waktu lama mencari pengganti duet pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger. Pada Senin kemarin, 1 Oktober 2018, Adam Mosseri resmi diangkat menjadi head of Instagram. Masuknya Mosseri tepat sepekan setelah Systrom dan Krieger mengundurkan diri.

Mengutip TechCrunch, Selasa, 2 Oktober 2018, Mosseri bergabung dengan Facebook sejak 2008 dengan jabatan terakhir sebagai wakil presiden Instagram. Ia juga pernah mengawasi News Feed Facebook.

Mosseri menghabiskan waktu satu dekade bekerja di sana dan merupakan orang dekat Chief Executive Officer Facebook, Mark Zuckerberg.

Dalam posting blog perusahaan menyebutkan bahwa Mosseri akan mengawasi semua fungsi bisnis dan akan merekrut tim eksekutif baru.

Kevin Systrom dan Mike Krieger mengundurkan diri sebagai chief executive officer dan chief technical officer Instagram pada pekan lalu. Mereka hanya memberikan sedikit penjelasan mengenai 'langkah berani' yang mereka tempuh.

Aplikasi berbagi foto dan video pendek ini berhasil meraih pendapatan paling cepat di Facebook. Sebelum Systrom dan Krieger, pendiri aplikasi perpesanan instan milik Facebook, WhatsApp, Jan Koum dan Brian Acton, sudah terlebih dahulu hengkang.

Media sosial ini resmi dibeli Facebook pada 2012 senilai US$1 miliar atau Rp14,67 triliun dalam bentuk kombinasi uang dan saham.

Dalam blog Instagram-nya, Systrom mengaku kalau dirinya dan Krieger berencana 'meluangkan waktu untuk mengeksplorasi rasa ingin tahu serta kreativitas lebih dalam lagi'. Meski begitu, tidak dijelaskan alasan pengunduran diri keduanya. (ase)