Facebook Bikin Platform untuk Belajar Digital Marketing

Learn with Facebook.
Sumber :
  • Facebook

VIVA – Tak berlebihan jika Facebook disebut sebagai platform media sosial 'serba ada' oleh sebagian orang. Bukan sekadar menjadi sarana komunikasi dan interaksi digital antar penggunanya, Facebook juga menawarkan sederet fitur, seperti lowongan kerja, penggalangan dana, game, hingga video game.

Tak berhenti sampai di situ, hari ini Facebook bahkan merilis tool baru untuk membantu pengguna memulai dan mengembangkan karir di bidang digital marketing. Berbeda dengan fitur lowongan kerja, tool yang dinamakan 'Learn with Facebook' ini, menyediakan materi pembelajaran seputar pemasaran digital berbasis media sosial.

"Kami meluncurkan ‘Learn with Facebook’, situs pengembangan karir yang memberikan pengenalan baik keterampilan keras dan lunak yang dibutuhkan orang untuk maju sebagai tenaga kerja digital saat ini," kata Chief Operating Officer Facebook, Sheryl Sandberg, dikutip dari postingannya, pada 13 November yang sekaligus menandai dimulainya debut Learn with Facebook.

Agaknya, Facebook tak tanggung-tanggung dalam memberikan materi pemasaran digital yang bisa diakses gratis itu. Karena konten pembelajarannya melibatkan mitra dari Goodwill Community Foundation yang memiliki pakar di bidang digital marketing. Materi tingkat dasar, seperti apa itu digital marketing hingga bagaimana meraih audiens di media sosial, ditampilkan di sana.

Selain pelajaran digital marketing, Learn with Facebook juga menyediakan konten berisi bimbingan untuk membuat resume, menghadapi wawancara kerja, hingga seputar tips saat memasuki dunia kerja. Anda akan menemukan konten tentang bagaimana cara memecahkan masalah, bekerja sama dengan tim, hingga menjadi seorang pembelajar aktif dan memiliki mindset sukses.

Sederet fungsi itu bisa jadi mengingatkan Anda pada platform LinkdIn atau semacam kursus online. Hanya saja Learn with Facebook ini terpisah dari aplikasi utama. Untuk mengaksesnya, Anda bisa menuju laman learn.fb.com. Ada konten yang berbentuk tulisan, ada pula tayangan video berisi saran dari para ahli.

Pantauan VIVA, laman Learn with Facebook tersedia dalam Bahasa Inggris dan belum memiliki pilihan bahasa. Namun, hal ini tentu tidak menjadi hambatan besar bagi seorang pembelajar digital di era sekarang.