Mark Zuckerberg Haramkan Tim Facebook Pakai iPhone, Kenapa?

Pendiri Facebook Mark Zuck Zuckerberg.
Sumber :
  • Instagram Mark Zuckerberg

VIVA – Pendiri dan Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg melarang seluruh tim manajemen perusahaan untuk menggunakan iPhone. Zuckerberg memerintahkan semua tim manajemen untuk menggunakan smartphone Android. 

Larangan ini terungkap dalam laporan The New York Times terkait skandal data Facebook dalam Pilpres Amerika Serikat 2016 yang melibatkan Rusia. 

Larangan ini dikeluarkan Zuckerberg sebagai respons kemarahannya atas 'perang kata-kata' dengan Kepala Eksekutif Apple, Tim Cook atas skandal privasi Facebook yang melibatkan perusahaan Cambridge Analytica. 

Laporan tersebut menunjukkan, keputusan Zuckerberg melarang manajemen Facebook memakai iPhone selain alasan pembalasan kepada Cook juga dilandasi bahwa sistem operasi Android lebih populer dibanding sistem operasi iOS.

Cook mengkritik keras Zuckerberg dan Facebook dalam sebuah wawancara dengan MSNBC pada Maret lalu. Bos Apple mengkritik langkah Facebook dalam menyikapi skandal privasi. 

Tak lama setelah kritikan tersebut, Zuckerberg menyindir Cook dalam sebuah wawancara dengan laman Recode. Bos Facebook itu menyebut komentar Cook 'sangat dangkal'. 

Nah ternyata dalan pengecekan laman The Verge, dikutip Kamis 15 November 2018, larangan Zuckerberg itu nyatanya belum ditaati sepenuhnya oleh manajemen. Dari beberapa pelacakan postingan di Twitter, beberapa eksekutif Facebook masih menggunakan iPhone. 

The Verge menemukan, eksekutif Facebook seperti Blockchain Lead Facebook, David Marcus dan Wakil Presiden Augmented Reality dan Virtual Reality Facebook, Andrew Bosworth, masih memakai iPhone. 

Facebook belum merespons atas larangan menggunakan iPhone di lingkungan perusahaan.