Kaleidoskop 2018, Mark Zuckerberg Jadi Bulan-bulanan

Founder and CEO Facebook Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • Business Insider

VIVA – Jika kamu pengguna Facebook, tentu tak asing dengan Year in Review. Klip video satu menit, isinya rangkuman foto dan status yang mendapat like paling banyak, serta kapan pengguna membuat pertemanan dengan seseorang.

Year in Review pengguna untuk tahun 2018, sudah diterbitkan Facebook pada 12 Desember lalu. Tapi kita tak akan membahas tentang Year in Review pengguna maupun soal fiturnya kali ini, melainkan bagaimana jika perjalanan hidup bos Facebook, Mark Zuckerberg, yang diulas dalam Year in Review 2018? Kira-kira seperti apa ya?

Seperti kita tahu pada pertengahan tahun, kasus skandal data pribadi telah mencoreng nama Mark dan Facebook. Raksasa media sosial itu tentu tak menerbitkan Year in Review Mark, terutama soal kasus tersebut.

Tapi laman The Guardian membuatkan untuk Mark. Istilahnya ini adalah Year in Review plesetan, karena tak resmi diterbitkan oleh Facebook.

Apa saja yang ditampilkan pada Year in Review 2018 Mark Zuckerberg? Pertama-tama, dalam video yang diunggah di Twitter The Guardian pada 20 Desember 2018 itu, menayangkan foto Christhoper Wyle, Cambridge Analytica whistleblower, perusahaan yang terlibat dengan Facebook dalam kasus kebocoran data jutaan pengguna.

Selanjutnya disebutkan, pada 10 April adalah hari besar untuk Mark, ketika ia harus berhadapan dengan media untuk menjelaskan kasus yang menimpanya.

Pada 2018 pula, Mark harus kehilangan banyak uang untuk membayar denda akibat skandal kebocoran data pribadi tersebut. Akhir video ditutup dengan 2 juta pengguna di Eropa memutuskan keluar dari Facebook.

Dari kaleidoskop itu, The Guardian menuliskan, Mark sangat mungkin mengalami hari yang sangat berat sepanjang 2018, terutama soal kehilangan nilai kekayaan dan kasus kebocoran data. (ann)