Game Online Punya Kesamaan dengan Industri Internet

Ilustrasi game online.
Sumber :
  • m.chandrataruna/VIVAnews

VIVA – Platform game online, Garena Indonesia, mengaku akan banyak mengeluarkan produk baru, termasuk mengembangkan permainan yang sudah ada.

"Game-game yang sudah sukses sekarang, seperti Free Fire, bakal terus kita improve dengan fitur-fitur baru. Tujuannya supaya pemain tetap engage (bertahan)," kata Product Manager Garena Speed Drifters, Eldwin Pradipta, di Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Namun, ia mengaku belum ada angka pasti berapa game online yang akan dirilis tahun ini. Akan tetapi, Eldwin mengaku ada kalanya satu produk dirilis secara cepat, mirip seperti di industri di internet.

"Secara umum, kami mirip seperti industri internet, di mana semua harus bergerak cepat. Kalau enggak kita akan ketinggalan," jelas Eldwin.

Soal kesamaan ekosistem game online, ia juga menyebutkan bahwa Indonesia mirip dengan China. Menurutnya, genre MOBA, Racing dan Survival, adalah yang termasuk yang digemari di kedua negara tersebut.

Akan tetapi, khusus MOBA, di Brasil kurang digemari, melainkan game Survival yang banyak peminatnya. "Saya kurang tahu apa alasannya. Ini lebih ke faktor psikologis dan budaya pasarnya, ya," jelas Eldwin. (hd)