Cara Melihat Gerhana Bulan Darah Serigala, Terjadi Hari Ini

gerhana bulan merah di surabaya
Sumber :
  • ANTARA/Eric Ireng

VIVA – Seperti telah dikabarkan sebelumnya, hari ini Senin, 21 Januari 2019 adalah momen terjadinya gerhana bulan darah serigala. Fenomena alam langka ini bisa dilihat di daratan Amerika selatan dan utara, sebagian Eropa Barat serta Afrika.

Di Indonesia, gerhana bulan yang dijuluki super wolf blood moon (gerhana bulan darah serigala) itu tak dapat disaksikan secara langsung, karena bertepatan dengan pagi hari yakni, pukul 9:36 WIB.

"Gerhana bulan total (blood moon) terjadi 21 Januari 2019 pukul 10:34-13:51 WIB. Jadi tidak bisa diamati di Indonesia," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin pada VIVA, Kamis, 27 Desember 2018.

Meski begitu, bukan berarti warga yang berada di daerah siang hari ketika terjadinya gerhana, seperti Indonesia, sama sekali tak dapat menyaksikan peristiwa astronomi tersebut.  

Sejumlah saluran digital mengadakan siaran langsung yang menayangkan terjadinya gerhana. Di antaranya akun Facebook, Instagram, dan YouTube 'Days To'.

Pantauan VIVA di akun media sosial tersebut, saat ini mereka sedang menghitung mundur momen terjadinya gerhana matahari total. Puncaknya nanti akan terjadi pada pukul 12.12 WIB.

Jadi jika Anda ingin menyaksikan siaran langsung gerhana bulan total ini, dapat mengakses media sosial 'Days To', atau melalui link ini. (ann)