Ahok Diberi Gelar 'Gubernur YouTuber'

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat belajar bikin vlog.
Sumber :
  • YouTube/@PanggilSayaBTP

VIVA – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali muncul dalam vlog YouTube miliknya. Dalam unggahan vlog teranyar ini, Ahok belajar teknik membuat vlog dari YouTuber Goenrock. 

Selain belajar, Ahok meminta Goenrock untuk mengantarnya membeli kamera dan peralatan untuk keperluan vlog. Goenrock mengantarkan ke toko langganannya dan memandu serta memberi masukan kepada Ahok untuk memilih peralatan yang bakal dipakai untuk membuat vlog. 

Ahok akhirnya mampir ke toko peralatan kamera dan membeli perangkat kamera Sony RX100mark V dan GoPro 7. Dua peralatan itu akan jadi bekal Ahok untuk membuat vlog buatannya. 

Dalam perjalanan menuju toko kamera, Ahok menimba ilmu soal vlog ke Goenrock. 

"Kita musti tahu tekniknya bagaimana, kayak (ambil video) di dalam dan luar mobil itu bagaimana. Saya yang penting diajarin cara ambil sudutnya dari mana biar yang edit itu gampang. Kalau salah (ambil angle) dan kalau dipaksain hasilnya enggak bagus," ujarnya.

Kepada Goenrock, Ahok mengatakan melalui vlog, dia ingin berbagi pengalaman hidup, menginspirasi orang untuk bisa menemukan arti kehidupan.  

Goenrock menyarankan, supaya Ahok nantinya menyiapkan panggilan khusus buat pelanggan YouTube-nya saat nge-vlog.

"Pak BTP harus punya panggilan buat viewers. Seperti saya ini kan panggil rocknroll shooter, nah pak BTP harus nyari tuh," kata Goenrock.

Ragam komentar banjir dalam vlog keempat Ahok ini. Salah satunya menyeletuk Ahok dengan jabatan khusus di YouTube. 

"Yang setuju BTP kita lantik jadi Gubernurnya YouTuber gimana???" kata salah satu pengguna. 

Komentar lainnya juga tak kalah menarik. Salah seorang pengguna internet mulai menikmati peran Ahok di luar politik. 

"Jangan sebut BTP politikus, sebut dia YouTuber #2019GantiKingOfYoutube #LengserkanAtta," Komentar salah satu pengguna. 

Atta yang dimaksud di sini adalah YouTuber populer Indonesia. Atta Halilintar yang memiliki 10,1 juta pelanggan atau subscriber. Sedangkan saluran YouTube Panggil Saya BTP punya 865 ribu subsciber.    

Dalam kesempatan tersebut, Goenrock menyarankan Ahok untuk belajar mengambil video timelapse. Ahok bertanya, apa itu timelapse.

"Bapak belajar timelapse, itu seperti matahari sebelum dan sesudah tenggelam itu dibikin cepet (rekamannya)" kata Goenrock. (dhi)