Kompetisi eSports Ini Bikin Gamer Amatir dan Profesional Tak Bersekat

Ilustrasi gamer.
Sumber :
  • Engadget

VIVA – Indonesia Gaming League atau IGL menggelar kompetisi game FIFA 19 FUT (FIFA Ultimate League) PlayStation 4 Online Qualifier. Babak kualifikasi pekan pertama telah berakhir. Kompetisi yang mempertandingkan pecinta konsol sepakbola dari level amatir hingga profesional ini mendapat sambutan positif.

Pada Minggu pertama kualifikasi tercatat 320 gamer berpatisipasi, yang kemudian tiga gamer berhasil meraih posisi top 3 Player setiap minggunya. Ketiganya yaitu Egi Ilyas Fauzi dari Tim Quarantine Fut, Andika Putra Sanjaya dari Tim Jeux Makassar, dan Pugu Mujahid Mantang dari Tim Naga FC.

Ketua Indonesia Gaming League, Frans Silalahi, mengaku puas dengan kesuksesan kualifikasi pekan pertama ini. “Kualifikasi Minggu pertama berjalan dengan cukup lancar dan sesuai dengan ekspektasi kami,” ungkap dia, lewat keterangannya, Jumat, 15 Maret 2019.

Menurut Frans seluruh gamer yang bermain di Minggu pertama cukup apik dan kompetitif. Ia menilai kompetisi seakan tidak ada sekat antara gamer amatir dan profesional.

“Meski kualifikasi random (acak), namun semua mendapat porsi bermain dan waktu yang sama. Cuma skill (kemampuan) saja yang membedakan mereka,” tuturnya.

Pada pekan pertama FIFA 19 FUT Online Qualifier, jumlah peserta yang melakukan registrasi lebih dari 300 orang dari seluruh Indonesia, berdasarkan laporan dari vivagoal.com, media official partner event ini.

"Antusiasme yang tinggi dari para peserta tidak lepas dari efektifnya medium promosi oleh IGL, yakni media sosial dan pengumuman melalui media. Di situlah kuncinya," jelas Frans.

Sebagai informasi, IGL adalah lembaga eSports yang baru terbentuk tahun ini. Meski baru terbentuk, namun IGL mencoba untuk menyediakan wadah kompetisi bagi gamer atau pemain game online di seluruh Tanah Air.

Selain itu, digelarnya kompetisi ini sebagai bentuk dedikasi nyata IGL mendukung perkembangan eSports di Indonesia. Kompetisi FIFA 19 FUT Online Qualifier memperebutkan total hadiah sebesar Rp250 juta. (ann)