Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 22 Maret 2019 | 11:01 WIB

Proyek Kabel Laut Telkom Rampung, Indonesia Jadi Hub AS dan Eropa

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Novina Putri Bestari
Foto :
  • Dok. Telkom
Direktur Wholesale and International Services Telkom, Abdus Somad Arief.

VIVA – PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKLL) Indonesia Global Gateway (IGG). Dalam proyek tersebut Indonesia menjadi salah satu global digital hub.

"Kami sudah menyelesaikan kabel laut IGG. Ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu hub trafik internet global," kata Direktur Wholesale and International Services Telkom, Abdus Somad Arief, dalam keterangannya, Jumat, 22 Maret 2019.

Baca Juga

TelkomGroup menjadi bagian konsorsium kabel laut untuk South East Asia-United States (SEA-US) dan Southeast Asia Middle East West Europe 5 (SEA-ME-WE 5).

Menurutnya kabel laut ini akan menyambungkan dua benua, Eropa dan Amerika, yang keduanya akan tersambung lewat Indonesia. "SKKL SEA-US dan SEA-ME-WE 5 tersambung dengan adanya IGG yang menghubungkan Dumai-Manado," ungkapnya.

Terpopuler

Abdus Somad menuturkan bahwa Dumai akan menjadi titik untuk Eropa, yaitu SEA-ME-WE. Sedangkan, titik Manado menghubungkan pantai barat Amerika Serikat (SEA-US).

IGG merupakan kabel optik bawah laut yang menghubungkan sejumlah pulau di Indonesia yaitu Sumatera, Batam, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi, dengan Singapura.

Adapun NEC Corporation merupakan mitra Telkom bagi kabel berkecepatan 100Gbps x 80 panjang gelombang (wavelength atau wl) x 4 pasang serat atau fiber pair (fp) optik, dengan panjang mencapai 5.300 kilometer.

Kabel sepanjang ribuan km ini akan menghubungkan sejumlah kota besar di Indonesia di antaranya Dumai, Batam, Jakarta, Madura, Bali, Makassar, Balikpapan, Takaran dan Manado, dengan Singapura. (ann)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Perjuangan Tim Medis di Bukittinggi Merawat Pasien Corona
TVONE NEWS - 14 menit lalu