Pasca Pilpres 2019, Warganet Pertanyakan #MisteriHilangnyaSandiagaUno

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno (kanan) didampingi Istri Nur Asia (kiri) menunjukkan surat suara sebelum menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019 di TPS 02, Kebayoran Baru, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 telah usai dilaksanakan, pada Rabu, 17 April 2019. Bahkan sebagaimana lazimnya rangkaian pesta demokrasi di Indonesia, sejumlah lembaga survei telah melakukan proses penghitungan cepat (quick count) sejak pukul 15.00 WIB kemarin.

Dari hasil quick count tersebut, pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan perolehan suara 54.58 persen – 45.42 persen menurut Media Survei Nasional (Median). Menariknya, di media sosial Twitter, sehari setelah pilpres tersebut, sorotan warganet justru mengarah pada calon Wakil Presiden Sandiaga Uno. 

Pada Kamis, 18 April 2019, tagar #MisteriHilangnyaSandiagaUno menduduki jajaran trending topik. Hingga berita ini dibuat telah dicuitkan sebanyak 8.432 kali dan terus bergerak naik - meski jumlahnya tak seramai hashtag #JokoWinElection dan #TheVictoryOfPrabowo yang mencapai ratusan ribu kali tweet pada hari H Pilpres 2019. 

Beragam keterangan dari warganet yang menyertai tagar #MisteriHilangnyaSandiagaUno. Selain bernuansa keingintahuan akan keberadaan mantan wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut, ada pula yang menyatakan simpati. 

"Di mana pun Bapak berada, no matter what, I've always appreciated you @sandiuno," cuit seorang warganet.

"Respect. Untuk sikap berjiwa besar yang ditunjukkan Pak @sandiuno," kata warganet lain disertai tangkapan layar yang memuat judul warta 'Tersenyum dan Lambaikan Tangan, Sandiaga Tinggalkan Kediaman Prabowo'."

(ase)