Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 22 April 2019 | 17:06 WIB

GrabCar Dipasang CCTV, Driver dan Penumpang Enggak Bisa Nakal

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Novina Putri Bestari
Foto :
  • Mashable
GrabCar.

VIVA – Aplikasi transportasi online Grab memperkenalkan sejumlah fitur keamanan baru untuk keselamatan mitra pengemudi atau driver dan penumpang. Selain fitur selfie untuk penumpang, ada juga penyamaran nomor telepon panggil.

Menurut Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, fitur ini akan menunjukkan nomor ponsel virtual dalam setiap perjalanan lewat aplikasi. Fitur selanjutnya adalah free call. Ia menuturkan fitur ini untuk melakukan panggilan antar aplikasi secara gratis bagi driver dan penumpang.

Baca Juga

"Jadi hanya penumpang dan driver. Ini untuk menjaga privasi dan keamanan kedua belah pihak," kata dia di Jakarta, Senin, 22 April 2019. Tak cukup sampai di situ.

Neneng juga mengklaim bahwa mobil driver atau GrabCar juga disiapkan kamera pengawas atau CCTV. Saat ini sudah ada sekitar dua ribu mobil telah dipasangi CCTV dan baru fokus di wilayah Jabodetabek.

Terpopuler

Neneng mengatakan ada banyak faktor soal pemasangan CCTV ini. Namun, ia mengaku keberadaan kamera pengawas ini bersifat optional, dan bagi yang bersedia akan disubsidi oleh Grab Indonesia.

"Karena bagaimana pun juga pasang kamera di mobil enggak mudah dan penyedia yang memasangkannya itu juga enggak terlalu banyak. Kita mau memastikan yang pasang juga yang benar-benar bisa. Jadi fokus awalnya masih di daerah Jabodetabek, tapi bertahap akan menyebar ke seluruh Indonesia," jelas Neneng.

Sebelumnya, Grab Indonesia merilis fitur keamanan baru yang sama dengan di Malaysia di mana penumpang atau pengguna wajib swafoto atau selfie sebelum memesan taksi online.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan fitur barunya ini semata-mata untuk keselamatan mitra pengemudi atau driver dan pengguna. "Menuju nol insiden. Kami berharap tidak ada kejadian aneh-aneh. Tapi, kan, harus jaga-jaga," ungkapnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Aksi Mesum Sepasang Remaja di Masjid Terekam CCTV
TVONE NEWS - 5 bulan lalu