6 Cuitan Jokowi dan Prabowo Ini Paling Rame di Twitter

Kampanye Jokowi Putih Bersatu di GBK
Sumber :
  • YouTube Joko Widodo

VIVA – Pada momen Pemilu 2019, masyarakat Indonesia berkumpul di Twitter menggunakan tagar #Pemilu2019, untuk membahas beberapa hal; mulai dari breaking news, kandidat dan aksinya di belakang layar, hingga partai politik. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, pemilih tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden, tapi juga anggota legislatif. Sehingga menjadikan pemilu satu hari tersebut sebagai pesta demokrasi terbesar di dunia.

Dikutip dari keterangan pers Twitter, Kamis, 25 April 2019, terdapat lebih dari 124 juta Tweet seputar Pemilu 2019, mulai dari hari pertama masa kampanye (23 September 2018) hingga satu minggu setelah hari pemungutan suara (24 April 2019). Jumlah ini meningkat 30 persen dari jumlah Tweet yang dihasilkan pada Pemilu 2014.

Pada hari pemungutan suara sendiri, terdapat 3,1 juta Tweet dari masyarakat Indonesia di berbagai belahan dunia yang secara aktif berbagi pengalaman mereka dan mencari informasi di Twitter mengenai proses pemungutan suara. 

Puncak percakapan terjadi sekitar pukul 17.00 - 18.00 WIB, dengan lebih dari 220.000 Tweet per menit, tidak lama setelah kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden menggelar konferensi pers pada hari pemungutan suara, yaitu Rabu, 17 April 2019.

Kedua calon Presiden, baik Jokowi maupun Prabowo, menggunakan Twitter untuk berbagi pendapat mereka tentang berbagai isu sosial di Indonesia selama masa kampanye #Pemilu2019. Dari mengungkapkan pendapat, menggalang dukungan, hingga berterima kasih kepada para pendukung; berikut ini adalah Tweet dari kedua calon Presiden yang paling banyak di-Retweet selama masa pemilu.