Di Twitter, Cuitan Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul 51 Persen

Jokowi-Ma'ruf Konpres Usai Pencoblosan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Selama masa Pemilu 2019, masyarakat Indonesia berkumpul di Twitter untuk membicarakan dan mencari informasi terkait pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden. Dalam hal ini, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin mendominasi percakapan di Twitter sebanyak 51 persen, sedangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebanyak 49 persen.

Dari memberikan dukungan untuk kandidat, mencari informasi terkini, hingga membicarakan beragam isu politik dan melakukan cek fakta; Twitter menjadi platform pilihan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi dan mengonsumsi konten politik. 

Dikutip dari keterangan pers Twitter, Kamis malam, 25 April 2019, selain akun para paslon, berikut ini adalah akun yang juga banyak dibicarakan di Twitter terkait dengan #Pemilu2019.

Pada pemilu tahun ini, masyarakat Indonesia juga memilih anggota legislatif yang akan duduk di DPR, DPRD, dan DPD. Selama masa #Pemilu2019, para politisi dan partai politik menggunakan Twitter untuk berkomunikasi dengan masyarakat di seluruh Indonesia dan sebaliknya. 14 partai politik berpartisipasi dalam pemilu kali ini dan berikut ini adalah partai politik yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Berbagai tagar khusus seputar pemilu juga menghiasi linimasa Twitter di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tagar paling populer di Twitter sejak masa kampanye dimulai 23 September 2018 hingga satu minggu setelah hari pemungutan suara.