Apple Hapus Aplikasi Pesaing Screen Time di App Store

Apple Inc.
Sumber :
  • BNN

VIVA – Apple bersih-bersih App Store. Perusahaan itu kabarnya menghapus aplikasi pesaing yang bisa menjadi pesaing dari fitur Screen Time yang dirilis bersamaan dengan iOS 12.

Selama setahun terakhir, seperti dilansir dari Digital Trends, kabarnya Apple telah menghapus atau membatasi 11 dari 17 aplikasi screen time dan kontrol orangtua di App Store. Kabarnya cara ini untuk mendorong pengguna perangkat iOS hanya menggunakan aplikasi milik Apple. Salah satunya adalah Screen Time.

Apple juga dilaporkan meminta para pengembang menghapus fitur kunci dari aplikasi seperti Screen Time. Selain itu, ada pula permintaan menghapus semuanya dari App Store.

Pihak perusahaan membenarkan tindakannya. Mereka menyatakan bahwa aplikasi tersebut telah melanggar kebijakan. Dikatakan oleh Apple, para aplikasi itu telah menggunakan API publik yang tidak disetujui.

Namun kecurigaan berkembang karena waktu permintaan penghapusan. Sejumlah aplikasi telah diunduh jutaan kali, seperti OurPact lebih dari 3 juta dan 2,5 juta untuk Mobicip.

Kepala Mobicip, Suren Ramasubbu mengatakan bahwa Apple meminta perusahaan mereka mengganti aplikasi dalam waktu 30 hari. Jika tidak dipenuhi maka akan dihapus dari App Store. Setelah mendapatkan pesan meminta klarifikasi dan pengajuan aplikasi yang direvisi, Mobicip akhirnya dihapus.

"Kami memperlakukan setiap aplikasi sama, termasuk pada yang menjadi pesaing layanan kami," kata juru bicara Apple, Tammy Lavine.