Jadi YouTuber, Berapa Penghasilan Andre Taulany?

Salah satu adegan dalam saluran YouTube Taulany TV
Sumber :
  • Instagram/@taulany_tv

VIVA – Komedian Andre Taulany belakangan menjadi sorotan publik. Mantan vokalis band Stinky itu dituding menghina Nabi Muhammad SAW dan ustaz Abdul Somad dalam talk show di televisi. Kecaman tak pelak menyerangnya, Andre kemudian bersafari meminta maaf ke berbagai pihak dan menegaskan tiada niat dia menghina nabi umat Islam dan ustaz kondang tersebut. 

Sebagai komedian yang sebelumnya sering tampil di televisi, Andre dalam setengah setahun belakangan ini menjajal untuk eksis di YouTube. Dia memiliki saluran YouTube dengan nama akun Taulany TV. 

Saluran YouTube Taulany TV pertama kali debut di platform milik Google itu pada 19 November 2018. Popularitas Andre di industri hiburan Tanah Air menular di saluran YouTube-nya.

Dikutip dari platform analitik dan statistik media sosial, Social Blade, dalam satu semester, jumlah subscriber atau pelanggan Taulany TV di YouTube terus bertambah. Per Kamis siang 9 Mei 2019, jumlah subscriber Taulany TV mencapai 1,102 juta. Sepanjang ini, saluran YouTube tersebut memiliki 50,9 juta view.

Saluran Andre di YouTube itu tergolong banyak diburu warganet. Rata-rata saja jumlah view video yang nongol di Taulany TV yakni ratusan ribu sampai jutaan view

Dengan banyaknya view yang menonton video di saluran tersebut, berapa pundi yang didapatkan saluran YouTube Andre tersebut?. 

Menurut Social Blade, saluran Taulany TV diproyeksikan mendapatkan pendapatan bulanan mencapai US$1,8 ribu sampai US$29,5 ribu atau sekitar Rp25,8 juta sampai Rp423 juta per bulan. 

Social Blade memperkirakan angka pendapatan tersebut berdasarkan hitungan kasar kisaran cost per mile (CPM) atau bayaran yang masuk ke saluran itu per 1.000 view video tertentu.

Untuk pendapatan tahunan, Social Blade memperkirakan saluran Taulany TV berpotensi mendapatkan US$22,2 ribu sampai US$ 354,6 ribu atau sekitar Rp319 juta sampai Rp5 miliar.

Data Social Blade menunjukkan, semasa menghadapi kecaman penghinaan ulama dan Nabi Muhammad SAW, saluran Taulany TV sempat mengalami penurunan jumlah subscriber. Pada 30 April 2019, tercatat ada 413 pengguna yang berhenti berlangganan saluran YouTube tersebut. 

Kemudian pada awal Mei, saluran YouTube ini banyak ditinggalkan pelanggan, yakni pada 3 Mei 2019 (2.824 pengguna unsubscriber) dan 4 Mei 2019 (1.329 pengguna unsubscriber). 

Dari pantauan Social Blade, saluran YouTube milik Andre tersebut terus mengalami peningkatan subscriber dan view dari hari ke hari. (ali)