2 Kepribadian Ini Tanda Seseorang Punya IQ Tinggi

Ilustrasi kecerdasan.
Sumber :
  • Edgy Labs

VIVA – Kepribadian yang terbuka pada pengalaman dan memiliki emosi stabil adalah dua ciri seseorang memiliki IQ tinggi. Demikian menurut penelitian, seperti dilaporkan laman Psyblog.

Psikolog yang juga Founder Psyblog, Jeremy Dean menulis laporan tersebut bahwa orang yang terbuka pada pengalaman, lebih tertarik pada hal-hal yang kompleks, baru dan tidak konvensional.

Sedangkan stabilitas emosional dikaitkan dengan bersikap lebih baik dalam menghadapi stres dan frustrasi kecil.

Orang-orang yang secara emosional stabil biasanya lebih mudah mengendalikan hawa nafsu atau dorongan mereka, yang sebagian besar justru tidak sadar diri.

Baik emosi yang stabil maupun keterbukaan terhadap pengalaman terkait dengan pengetahuan umum yang lebih baik, yang merupakan dua aspek kecerdasan.

Psikolog menyebut pengetahuan umum 'kecerdasan terkristalisasi' adalah salah satu dari dua jenis kecerdasan utama.

Kecerdasan yang terkristalisasi menjadi lebih penting ketika orang bertambah usia karena informasi dan keterampilan yang diperoleh memprediksi keberhasilan mereka dalam hidup.

Jenis lainnya disebut 'kecerdasan cair', dan mengacu pada penalaran abstrak dan kecepatan di mana otak bekerja.

Studi ini melibatkan 201 mahasiswa di Inggris yang diberikan tes kepribadian dan pertanyaan pengetahuan umum, termasuk: 'Siapa yang menulis Anna Karenina?' dan 'Siapa yang menemukan penisilin?'

Hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Personality and Individual Differences tahun 2006, menunjukkan bahwa orang mendapat lebih banyak jawaban yang benar jika kepribadian mereka lebih stabil secara emosional dan mereka lebih terbuka pada pengalaman.

Keterbukaan terhadap pengalaman sangat penting bagi pengetahuan umum karena itu membuat orang lebih penasaran dan memotivasi mereka untuk mempelajari hal-hal baru.

Ciri kepribadian lain yang ditemukan para peneliti terkait dengan pengetahuan umum yang lebih besar adalah introvert.

Tanda-tanda introvert termasuk lebih suka berada di lingkungan yang tenang dan santai dan memiliki kehidupan mental yang kaya. Memiliki kehidupan mental yang kaya kemungkinan mendorong orang dengan sifat kepribadian ini untuk mengambil lebih banyak informasi tentang dunia.