Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 25 Mei 2019 | 09:32 WIB

Google News Initiative Latih 18 Jurnalis VIVA jadi Detektif Digital

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Foto :
  • VIVA/Endah Lismartini
Trainer Google Initiative, Afwan Purwanto dalam pelatihan di VIVA.co.id

VIVA – Google News Initiative bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen serta Internews kembali menggembleng jurnalis online untuk menangkal berita palsu sampai hoaks yang banyak beredar di media sosial dan internet. 

Kali ini, pelatihan bertajuk Google News Initiative Training Network itu digelar di kantor VIVA.co.id, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur. Pelatihan yang berjalan dua hari, Kamis-Jumat, 23-24 Mei 2019 ini membahas misinformasi sampai menganalisis sumber konten digital dengan menggunakan berbagai tool yang ada di internet. 

Baca Juga

Dua trainer dari Google News Initiative yakni Afwan Purwanto dan Endah Lismartini menggembleng 18 jurnalis VIVA.co.id, untuk lihai menganalisis jejak dan kesahihan sumber digital. Dengan bekal keahlian pelacakan digital itu diharapkan jurnalis bisa memerangi misinformasi dan disinformasi. 

"Tingkat pendidikan ini tak menjamin seseorang tidak terkena misinformasi maupun disinformasi. Pejabat sekelas menteri saja pernah terkena misinformasi," kata Afwan.   

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polisi Tangkap 22 Penyebar Berita Bohong Soal Corona
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler