Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 27 Mei 2019 | 06:20 WIB

Hacker Pakai Ransomware 'Capit Kepiting' GandCrab Bobol Server MySQL

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Foto :
  • U-Report
Ilustrasi hacker.

VIVA – Peretas atau hacker yang diduga berasal dari China memakai algoritma enkripsi khusus (ransomware) GandCrab untuk menjebol server MySQL. Ransomware jenis ini merupakan yang terganas dan banyak memakan korban pada tahun lalu.

GandCrab, atau biasa disebut kepiting raksasa dengan capitnya yang kuat, berhasil memakan korban 500 ribu perangkat dan meraup uang tebusan antara Rp4,5 juta hingga Rp93 juta dari korban yang datanya berhasil dienkripsi.

Baca Juga

Menurut Peneliti Utama Sophos, Andrew Brandt, serangan-serangan yang dilakukan GandCrab agak unik karena perusahaan keamanan siber sampai sekarang belum melihat siapa dalang yang berhasil menginfeksi server MySQL yang berjalan pada sistem Windows. Meskipun tuduhan tersebut diarahkan ke China.

"Kami menggambarkannya sebagai 'penemuan kebetulan'," kata dia seperti dikutip dari ZDNET, Senin, 27 Mei 2019. Brandt mengatakan peretas akan memindai database MySQL yang dapat diakses internet yang akan menerima perintah SQL.

Kemudian, memeriksa apakah server tersebut akan berjalan pada Windows, yang selanjutnya menggunakan perintah SQL untuk menanam file pada server yang terbuka lalu menginfeksi komputer korban dengan ransomware GandCrab.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polisi Tangkap 2 Pelaku Peretas Situs PN Jakarta Pusat
TVONE NEWS - 6 bulan lalu
Terpopuler