Halo
Pembaca

Berita

Bola

Ramadan

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 27 Mei 2019 | 07:54 WIB

7 Trik Hemat Baterai Ponsel Saat Tak Ada Colokan atau Power Bank

Team VIVA »
Alika Noor Kholifah
Foto :
  • VIVA/M Ali Wafa
Seorang penumpang menggunakan ponsel di MRT Jakarta.

VIVA – Ponsel yang cepat kehabisan baterai bisa jadi masalah yang bikin tidak nyaman. Meski pusat pengisian daya telah banyak tersebar di tempat-tempat umum, dan juga adanya power bank, pada kondisi tertentu, kita masih harus melakukan penghematan baterai ponsel. 

Bagaimana caranya? Coba lakukan beberapa tips berikut ini, seperti dikutip dari Digital Trends, Senin, 27 Mei 2019.

Baca Juga

1. Jangan biasakan ponsel kehabisan baterai
Usahakan agar baterai terisi daya rata-rata 50 persen, atau setidaknya antara 40 dan 80 persen. Hal ini untuk mempertahankan daya yang optimal. Meskipun pengisi daya Anda dapat mengontrol input elektronik untuk mencegah kerusakan, Anda harus mencabut kabel telepon ketika daya mencapai 100 persen.

Pengisian daya secara rutin lebih efektif dalam menjaga masa pakai baterai secara keseluruhan, daripada membiarkannya habis hingga nol kemudian mengisi ulang hingga 100 persen.  

Terpopuler

Tidak semua baterai sama, dan masing-masing baterai merespons berbagai jadwal pengisian daya. Tetapi satu hal yang pasti, yaitu semua baterai pada akhirnya akan menurun. Saat Anda mengisi dayanya, pastikan untuk menggunakan adaptor bawaan dan sambungkan ke stopkontak di dinding - bukan komputer atau adaptor USB mobil.

2. Mode pesawat
Mode pesawat memotong semua sinyal radio ke dan dari ponsel, termasuk menghentikan email, pesan, panggilan telepon, Wi-Fi, dan koneksi Bluetooth. Ini mungkin membuat hidup terasa tidak nyaman bagi orang-orang yang terbiasa terhubung terus-menerus, tetapi sangat membantu dalam menghemat baterai.

3. Update aplikasi dan bersih-bersih memori
Segera setelah Anda melihat aplikasi telah merilis pembaruan, langsung saja lakukan update karena itu akan membantu menjaga baterai. Pengembang memperbarui aplikasi mereka secara berkala, dan sebagian alasannya adalah untuk mengoptimalkan memori serta daya tahan baterai perangkat. 

Bersihkan memori ponsel dengan hanya mengisi aplikasi yang Anda butuhkan dan gunakan. Aplikasi yang tak begitu penting hanya akan menguras baterai di latar belakang. 

4. Gunakan wallpaper gelap
Kebanyakan orang menyukai wallpaper, terutama jenis animasi - ini adalah salah satu bagian yang menyenangkan. Tapi kesenangan itu mengorbankan baterai. Pada perangkat Android dengan tampilan AMOLED, wallpaper hitam atau gelap menghemat masa pakai baterai karena layar menggunakan energi untuk menerangi hanya piksel berwarna. 

Piksel hitam tidak menyala dan membutuhkan lebih sedikit daya untuk mempertahankan gambar.  Belum lagi, wallpaper gelap lebih nyaman di mata.

5. Dim layar
Selalu kurangi kecerahan layar ke level terendah yang nyaman bagi Anda. Layar yang terlalu cerah menuntut daya baterai lebih banyak. 

6. Matikan GPS Location
Langkah ini bisa menghemat baterai. Hanya saja akan mempersulit jika kita akan memesan jasa transportasi online. 

7. Aplikasi penghemat baterai
Aplikasi pemantau baterai membantu mengidentifikasi apa yang menghabiskan baterai dan membahayakan kondisinya secara keseluruhan. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Sejarah! Indonesia Tampil di Kejuaraan Dunia MMA
SPORT - 3 jam lalu
Terbaru