Dituduh Jiplak Lirik Lagu, Begini Jawaban Google

Ilustrasi pencarian Google.
Sumber :
  • www.pixabay.com/422737

VIVA – Kamu pernah browsing lirik lagu atau judul lagu di Google? Jadi gampang dan cepat bukan, tak perlu lama langsung ketemu apa yang kamu cari. 

Baca : Lirik Lathi Serta Terjemahan, Lagu Viral dari Weird Genius

Google memang memudahkan, tapi perusahaan mesin pencari itu sedang kena semprot sebuah situs lirik lagu, Genius. Jadi, situs tersebut menuding Google menjiplak data lirik lagu serta hasil kerja Genius. Hasil pencarian lirik lagu yang muncul di Google merupakan contekan dari Genius. 

Dikutip dari laman Endgadget, Senin 17 Juni 2019, dalam keluhannya Genius menegaskan kelakuan Google itu bukan cuma merusak trafik dan hasil kerja keras situs tersebut, tapi raksasa internet itu juga menjiplak kata demi kata hasil pencarian lirik lagu. Genius bukan gertak saja, sebab platform ini siap membuktikan kelakuan Google dengan melihat tanda kutip khusus yang dipakai Genius dalam menulis lirik lagu. 

Genius menemukan, ada lebih dari 100 sampel lirik lagu hasil pencarian Google yang memiliki tanda kutip persis sama dengan milik Genius. Google merespons isu ini. Perusahaan internet itu membantah tudingan Genius.

"Lirik yang ditampilkan pada kotak pencarian dan Knowledge Panel di Google Search telah dilisensikan dari berbagai sumber dan tak diambil dari situs di wes," dalih perusahaan internet itu. 

Google mengatakan, mereka sangat serius dan menghormati betul dalam hal hak cipta. Google juga mengatakan mereka terikat perjanjian tertulis dengan mitra resmi yang bergerak dalam bidang lirik lagu. 

"Kami sedang menyelidiki masalah ini dengan melibatkan mitra data kami. Jika kami menemukan mitra kami tak menjalankan praktik yang benar, kami akan mengakhiri perjanjian kami," tegas Google. (ren)