Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 18 Juni 2019 | 10:43 WIB

Driver Ojol Pakai Ganjelan di Punggung, Biar Enggak Kena 'Gituan'

Team VIVA »
Alika Noor Kholifah
Foto :
Driver ojek online meletakkan bantal untuk menjaga kenyamanan penumpang

VIVA – Ojek online kini sudah menjadi bagian dari rutinitas kaum urban. Mau pergi ke mana pun di dalam kota, ojek online selalu bisa diandalkan karena kemudahannya yang tinggal pesan pakai aplikasi di ponsel.

Akan tetapi, meski ojek online berkontribusi besar terhadap mobilitas masyarakat, kita juga tak menutup mata terhadap sejumlah permasalahan yang menyertainya. 

Baca Juga

Misalnya saja, pelecehan seksual yang selama ini kerap kita dengar. Satu contoh, ada kasus di mana pengemudi ojek online yang mayoritas laki-laki itu suka mencuri kesempatan dengan nge-rem mendadak.

Jika hal itu dilakukan, maka posisi penumpang di belakang jadi maju hingga mepet ke punggung pengemudi. Tentu tak terlalu bermasalah jika penumpang adalah laki-laki, namun apabila penumpang perempuan bisa lain perkara.

Terpopuler

Modus nge-rem mendadak, harus diwaspadai oleh kaum perempuan saat menggunakan jasa ojek online, terutama ketika melewati jalanan berpolisi tidur. Sebagai langkah untuk berhati-hati, jangan lupa menjaga jarak posisi duduk dengan meletakkan tas di tengah. Namun kadang trik ini tak cukup memadai jika tas yang dibawa berukuran kecil. 

Menyadari permasalahan tersebut, tindak pencegahan rupanya tak hanya dilakukan oleh penumpang. Ada salah satu pengemudi yang berinisiatif untuk menjaga jarak supaya tubuh penumpang tak mepet pengemudi. 

Sebagaimana dimuat di akun Instagram @gojek24jam, tampak foto setengah badan antara pengemudi dan penumpang ojek online. Di antara mereka terselip bantalan yang menjadi pemisah antara tubuh keduanya. Sepertinya pengemudi sengaja meletakkan bantalan itu dengan cara selayaknya menggendong tas punggung.

Admin akun menyematkan keterangan 'Ganjelan anti pelakor', sementara di atas foto dibubuhkan percakapan antara dua orang dengan inisial AG dan G yang sepertinya membahas tentang bantalan itu. “Yang kayak gini nih, susah didapat,” tulisan di atas foto itu.

Agaknya maksud pengemudi meletakkan bantalan adalah demi kenyamanan masing-masing. Bagi pengemudi, bantalan itu mendukung agar pekerjaannya lancar tanpa berpikiran macam-macam dan menjaga perasaan istri. Meski posisi duduk jadi lebih sempit dan ia meminta maaf untuk itu.

AG: Ini biar sama-sama enak jadi saya enggak kenain Eneng dan Eneng pun begitu.

G: Hah? Iya, Mas.

AG: Saya cuma mau pekerjaan saya lancar, istri enggak kepikiran macam-macam. Karena kan Neng tahu sendiri pekerjaan saya ketemu banyak cewe.

G: Iya, Pak. Emang lebih baik mencegah.

AG: Iya, bener. Setia itu emang enggak ada harganya tapi sangat bernilai. 

Postingan ini memperoleh ribuan tanggapan dari warganet. Salah satunya berkomentar, “Di saat driver lain mencari kesempatan, ada driver lain yang juga menjaga kesetiaan.”

(ren)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Nekat, Oknum Sopir Taksi Online Rampok Penumpangnya!
TVONE NEWS - 16 hari lalu