Sinyal Tubuh yang Menandakan Kamu Sedang Depresi

Ilustrasi depresi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Nyeri pada tubuh dikatakan merupakan tanda umum depresi. Demikian menurut laporan laman Spring, yang ditulis oleh psikolog Jeremy Dean dan dimuat pada April 2019. Nyeri fisik yang dimaksud itu di antaranya sakit kepala, sakit perut, pusing, nyeri otot dan tungkai. Dan, separuh penderita depresi mengalaminya.

Keluhan fisik pada orang yang depresi hampir sama dengan mereka yang memiliki gangguan emosional, misalnya kemurungan, kurang motivasi dan kelelahan. Bahkan setelah perawatan dengan mengonsumsi antidepresan berhasil, nyeri fisik itu dapat bertahan meski kondisi emosional membaik.

Profesor Kurt Kroenke yang memimpin penelitian, mengatakan: “Depresi adalah faktor risiko untuk gejala nyeri. Laporan yang paling banyak tentang rasa sakit, seperti nyeri otot, sakit kepala, sakit kaki, dua atau tiga kali lebih umum pada orang dengan depresi," kata Kroenke, dikutip dari PsyBlog, Kamis, 20 Juni 2019.

Kesimpulan tersebut berasal dari penelitian terhadap 573 orang depresi yang mengunjungi 37 klinik berbeda di AS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antidepresan pada umumnya kurang efektif ketika gejala fisik terjadi lebih parah. Pada sepertiga pasien, gejala fisik berlangsung lebih lama daripada hanya gangguan emosional.

“Gejala fisik mungkin tidak merespons terhadap pengobatan antidepresan umum seperti halnya gejala emosional. Meskipun gejala fisik mungkin terkait dengan atau diperburuk oleh depresi, mereka dapat bertahan lebih lama daripada gejala gangguan emosional," kata Kroenke.