Bos Google: YouTube Tak Mungkin 100 Persen Bersih dari Konten Negatif

Bos Google: Konten Negatif di YouTube Tak Akan Bisa Bersih Total. (FOTO: Dado Ruvic).
Sumber :
  • wartaekonomi

Kepala Eksekutif Google Sundar Pichai menanggapi kasus banyaknya konten negatif dan berbahaya yang masih tersebar di platform YouTube.

Ia mengungkapkan bahwa masalah tersebut tetap tidak akan bisa diperbaiki 100 persen karena situs YouTube sangatlah besar. Menurutnya, sebesar apapun usahanya, tetap tak akan bersih total.

Namun, seperti dikutip dari CNBC, Pichai mengaku telah berusaha semaksimal mungkin untuk membersihkan. Meskipun video konspirasi, kekerasan, rasis ataupun hoax masih tetap ada di platformnya.

"Kami menyaring video menjadi jauh lebih baik karena menggunakan kombinasi mesin dan manusia. Katakanlah kami sudah tepat 99 persen. Namun, Anda masih akan menemukan contoh-contoh video konten negatif. Tujuan kami saat ini adalah sangat meminimalisir sampai di bawah satu persen," ungkap Pichai.

Ia lalu mengibaratkan penyaringan video ini dengan sistem kartu kredit. Sebagus apapun sistemnya, penipuan akan tetap ada, tidak akan mungkin bersih 100 persen.

Pichai juga meyakinkan semua pihak bahwa mereka akan melakukan perkembangan yang signifikan dalam menangkal konten negatif di YouTube. Selain itu, lebih cepat dalam menghapus video berbahaya.

Di sisi lain, Pichai menolak saran bahwa pemerintah akan lebih baik dalam menyelesaikan masalah di website semacam YouTube dan anggapan memecah perusahaan teknologi berujung hal positif.

"Skala besar menawarkan beberapa manfaat, penting untuk memahami itu. Perusahaan-perusahaan besar adalah yang berinvestasi paling banyak di teknologi, seperti kecerdasan buatan," papar Pichai.