Pencipta iPhone Mengundurkan Diri dari Apple

CEO Tim Cook dan Chief Design Officer Apple, Jonathan Ive.
Sumber :
  • The Verge

VIVA – Chief Design Officer Apple, Jonathan Ive, resmi mengundurkan diri akhir tahun ini. Ia tercatat mengepalai tim desain sejak 1996 dan telah membuat sejumlah produk, termasuk iPhone. Ive akan membuat perusahaan desain independen yang salah satu klien utamanya adalah Apple.

Perusahaan itu bernama LoveFrom, dan Ive akan bergabung dengan desainer kenamaan Marc Newson. Meski mengundurkan diri, baik Ive dan Apple, mengklaim masih mengerjakan sejumlah proyek perusahaan berlogo apel digigit itu.

"Apple akan terus mendapatkan manfaat dari talenta Ive dengan bekerja langsung dengannya pada proyek eksklusif. Lewat pekerjaan berkelanjutan dari tim desain dan semangat yang telah dibangun," kata Kepala Eksekutif Apple, Tim Cook, seperti dikutip dari The Verge, Jumat, 28 Juni 2019.

Ia menambahkan, melalui pengalamannya bekerja cukup lama dengan Ive, Cook mengaku senang hubungan mereka tetap akur. Bos Apple itu juga berharap dapat terus bekerja sama dengan Ive di masa depan.

Ive merupakan salah satu desainer paling terhormat di industri ini. Ia sebelumnya telah mengerjakan sejumlah produk Apple dari Mac, iPod, iPhone, iPad, dan Apple Watch.

Diketahui pula bahwa Ive ikut turut serta dalam merancang kampus Apple Park dan juga membangun tampilan serta nuansa dari toko ritel Apple.

Karya paling terbaru Ive adalah video desain tentang Mac Pro terbaru. Produk itu diketahui akan diluncurkan pada akhir 2019.

Untuk desain perangkat keras atau hardware, Ive juga memegang peran strategis dalam pembentukan kembali perangkat lunak atau software Apple.

Ia pula lah yang memperkenalkan perubahan drastis dari iOS 7 pada 2013, serta melakukan hal yang sama dengan software desktop Apple yang saat ini dikenal sebagai MacOS.