Google Maps Rilis Fitur Prediksi Kepadatan Transportasi Umum

google maps
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Google Maps baru saja merilis fitur baru crowdedness prediction atau prediksi kepadatan. Prediksi kepadatan yang mereka tuju adalah untuk kendaraan umum, guna menghindari adanya penundaan pada transportasi umum atau kendaraan yang penuh sesak.

Dikutip dari situs Mirror, Sabtu, 29 Juni 2019, prediksi kepadatan akan memprediksi seberapa ramai bus yang Anda tunggu, atau kereta yang dilihat berdasarkan data perjalanan kendaraan sebelumnya.

Fitur ini dirilis dan sudah tersedia di 200 kota di seluruh dunia, baik untuk pengguna iOS maupun Android. Beberapa kota di antaranya ada di Inggris, seperti Birmingham, Brighton, Bristol, Cambridge, Cardiff, Coventry, Crawley, Edinburgh, Glasgow, Leeds, Liverpool, London, Newcastle, Nottingham, Oxford, Reading, Sheffield, dan Southampton.

Lalu bagaimana untuk Indonesia? Tim VIVA mencoba membuka Google Maps di Play Store dan tidak ada perintah untuk memperbarui aplikasi. Pasalnya, jika ada fitur baru, umumnya harus terlebih dahulu memperbarui aplikasi. Kemudian saat dicoba dengan cara lain, yaitu dengan melihat ke dalam aplikasi, fitur ini belum tersedia.

Menandai peluncuran fitur, Google mengungkap bahwa pemberhentian paling ramai di London ada pada Canada Water, North Greenwich dan Canning Town di Jubilee Line, Stratford, Liverpool Street dan Bethnal Green di Central Line, dan Waterloo dan Bank di Waterloo & City Line.

Google dalam sebuah blog membuat pernyataan bahwa tidak akan ada kenyamanan saat naik kereta layaknya seperti ada di dalam sebuah kaleng sarden, panas dan berkeringat.

"Sekarang Anda dapat membuat keputusan karena telah memiliki informasi kendaraan umum yang ditunggu. Pilihannya apakah Anda ingin naik kendaraan itu atau menunggu beberapa menit lagi agar bisa mendapat kursi selama melakukan perjalanan," tulis Google.

Fitur ini didasarkan pada data dari perjalanan sebelumnya, bukan informasi real time. Tidak jelas seberapa bermanfaatnya fitur ini jika ada kendaraan yang tiba-tiba memiliki masalah tidak terduga. Tapi fitur layak dimanfaatkan bagi Anda yang ingin terhindar dari riuhnya jam sibuk. (ase)